Sabtu 27 Jun 2020 15:01 WIB

BWA Distribusikan 50 Ribu Alquran Wakaf ke Pedalaman Kalbar

Tahap pertama 20 ribu Alquran, tahap berikutnya 30 ribu Alquran.

Badan Wakaf Alquran (BWA) menyalurkan wakaf Alquran ke wilayah Halmahera. (foto ilustrasi)
Foto: Dok BWA
Badan Wakaf Alquran (BWA) menyalurkan wakaf Alquran ke wilayah Halmahera. (foto ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat dakwah untuk menebar kebaikan antarsesama. Badan Waqaf Alquran (BWA) bekerja sama dengan Yayasan Baitul Mal PLN (YBM PLN) kembali mendistribusikan puluhan ribu Alquran ke wilayah pedalaman Kalimantan Barat, Rabu (24/6).

Koordinator distribusi Alquran atau partner lapang BWA, Ustadz Condro menjelaskan, pada tahap pertama Alquran yang didistribusikan berjumlah 20 ribu eksemplar.  “Wakaf Alquran ini merupakan amanah dari wakif dan harus segera kami antarkan kepada penerima wakaf Alquran,” ungkapnya di Jakarta. 

Tahap berikutnya, tambah Ustadz Condro, sebanyak 30 ribu wakaf Alquran sedang dipersiapkan untuk didistribusikan juga. “Untuk Kalimantan Barat total berjumlah 50 ribu wakaf Alquran yang akan didistribusikan ke lokasi terpencil.  Bahkan lokasi yang sulit sekalipun akan di tempuh oleh tim BWA. Kegiatan ini juga melibatkan Majelis Daerah Korps Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI),” jelasnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Ustadz Condro mengatakan, secara bertahap BWA menyerahkan sejumlah 2.400 Alquran wakaf kepada MD KAHMI Kabupaten Kubu Raya, yang kemudian akan didistribusikan ke pelosok-pelosok daerah terpencil.  Terutama,  daerah yang rawan aqidah, minoritas muslim dan minim pembinaan agar mereka juga bisa memiliki Alquran sekaligus pembinaannya.

Ketua MD KAHMI Kubu Raya, Rasiam mengucapkan terima kasih kepada pihak BWA dan YBM PLN yang telah menyalurkan  wakaf Alquran tersebut.  “Kami sejak bulan lalu sudah melakukan pendataan pesantren, mushala dan masjid sebagai target distribusi Al-Quran wakaf karena di tempat itulah laboratorium pendidikan agama Islam yang telah berdiri sejak Islam ada di Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu Ustadz Hazairin,  direktur Program BWA berharap di masa pandemi ini pendistribusian Alquran wakaf berjalan dengan lancar. “Masih panjang perjalanan BWA dalam mendistribusikan wakaf Alquran  di Kalimantan Barat. Doakan kami untuk mengantarkan wakaf Alquran ini kepada yang pantas menerimanya,” tuturnya.

Panyaluran Alquran wakaf ke Kalbar kali ini menambah jumlah Alquran wkaf yang telah disalurkan oleh BWA ke seluruh wilayah Indonesia. Menurut data, hingga April 2020, BWA telah menyalurkan sejuta Alquran wakaf ke seluruh Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement