Jumat 26 Jun 2020 22:48 WIB

Anak-Anak Harus Punya Karakter Warganet Unggul

Agar menjadi warganet unggul, akses anak terhadap gawai harus dibatasi.

Seorang anak memainkan gawai sebelum tidur (ilustrasi). Akses anak terhadap gawai harus dibatasi agar kehidupannya seimbang.
Foto: www.freepik.com
Seorang anak memainkan gawai sebelum tidur (ilustrasi). Akses anak terhadap gawai harus dibatasi agar kehidupannya seimbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua perlu mengendalikan penggunaan gawai pada anak-anak. Hal itu penting untuk melindungi mereka dari dampak buruk dunia digital.

"Anak-anak harus memahami bahwa itu bukan intervensi orang tua terhadap ruang pribadi anak, tetapi untuk melindungi," kata Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Ciput Eka Purwianti dalam seminar daring yang diadakan dalam rangka Hari Anak Nasional 2020 yang diikuti dari akun Youtube Kementerian PPPA di Jakarta, Kamis.

Baca Juga

Ciput mengatakan, anak dan orang tua harus memiliki pengelolaan waktu dalam mengakses dunia digital menggunakan gawai. Kedua belah pihak harus memiliki kesepakatan kapan anak boleh dan berapa lama menggunakan gawai.

Pengelolaan waktu tersebut, menurut Ciput, penting karena interaksi di dunia digital bisa menimbulkan dampak buruk. Anak, contohnya, dapat kecanduan terhadap penggunaan gawai.

"Anak bisa lupa waktu untuk istirahat, belajar, dan makan. Akhirnya hidupnya menjadi tidak seimbang," katanya.

Ciput mengatakan, kecanduan gawai dan dunia digital juga bisa menyebabkan anak kehilangan empati terhadap lingkungan sekitarnya. Padahal, empati terhadap lingklungan sangat diperlukan, apalagi pada masa pandemi Covid-19.

"Anak-anak harus memiliki karakter warganet unggul yang memiliki empati agar bisa menyintas sampai ke tahapan kehidupan berikutnya, seperti kuliah, bekerja, menjadi bagian dari masyarakat, bahkan menjadi orang tua," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement