Jumat 26 Jun 2020 18:23 WIB

Keempat Kalinya, Prodi PAI Unissula Terakreditasi A

Capaian ini juga menunjukkan kualitas Prodi PAI kepada masyarakat.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Salah satu sudut kampus Unissula Semarang, Jawa Tengah.
Foto: http://imams.edublogs.org
Salah satu sudut kampus Unissula Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) kembali membuktikan kualitasnya sebagai salah satu prodi yang patut diperhitungkan, di lingkungan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah. Untuk kali ke-empat secara berturut-turut, prodi ini mampu mempertahankan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Capaian tersebut tentunya kian memantapkan posisi Prodi PAI untuk sejajar dengan prodi lain, yang selama ini menjadi unggulan di perguruan tinggi Islam Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung,” ungkap Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula, M Muhtar Arifin, Jumat (26/6).

Ia menyampaikan, kepastian  itu diperoleh setelah FAI Unissula kembali menerima sertifikat akreditasi A dari BAN-PT yang bakal berlaku untuk lima tahun mendatang. Menurutnya, akreditasi A yang diraih untuk keempat kalinya ini sangat penting bagi FAI Unissula.

Selain sebagai legalitas, capaian ini juga menunjukkan kualitas Prodi PAI kepada masyarakat. “Hal ini sangat penting untuk menunjukkan kepada masyarakat, bahwa Prodi PAI mampu menjaga mutu terbaik, dalam hal kualitas dosen, proses belajar mengajar, penelitian, pengabdian pada masyarakat, sarana prasarana, serta kegiatan kemahasiswaan,” lanjutnya.

Akreditasi A, masih jelas Muhtar, sangat positif dan akan menjadi promosi yang sangat bagus untuk menarik minat para lulusan SMA, MA, SMK, dan lainnya, untuk belajar dan melanjutkan studi mereka di Unissula. Khususnya pada FAI Unissula.

Oleh karena itu, FAI siap menerima generasi muda dari berbagai daerah di Tanah Air untuk melanjutkan pendidikan mereka sekaligus dalam menyiapkan para generasi khaira ummah. Lebih lanjut Muhtar juga mengakui, dalam proses akreditasi oleh BAN-PT yang sudah berlangsung, pelaksanaannya memang berbeda dengan proses akreditasi tahun-tahun sebelumnya.

Ini karena adanya kebijakan akreditasi yang terbaru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Misalnya visitasi ke institusi yang ditiadakan serta data data, juga persyaratan yang dibutuhkan dalam proses akreditasi juga disajikan dan disampaikan secara daring. “Alhamdulillah, Prodi PAI kembali berhasil meraih akreditasi A,” tegas dia.

Sedangkan hal lain yang masih harus diperhatikan FAI Unissula ke depan antara lain terkait jumlah mahasiswa yang stabil sekaligus seimbang dengan jumlah dosen yang ada. “Selain itu juga harus mampu mempertahankan imej Prodi PAI yang sudah baik di mata masyarakat,”  ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement