Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Cara Selebriti Pertahankan Ekonomi di Tengah Pandemi Corona

Jumat 26 Jun 2020 06:49 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Jessica Iskandar.

Jessica Iskandar.

Cara Selebriti Pertahankan Ekonomi di Tengah Pandemi Corona

VIVA – Pandemi virus corona atau COVID-19 sangat berdampak di berbagai sektor industri, termasuk musik dan hiburant. Sejumlah artis dituntut memutar otak untuk menjaga eksistensinya sekaligus membiayai hidup keluarga dan karyawannya.

Yang mengagumkan, meski ekonomi mereka terdampak pandemi, namun jiwa kemanusiaan mereka tetap tinggi. Dibuktikan dengan sejumlah aksi sosial yang diinisiasi para artis. Hal itu terungkap dalam Webinar DPP Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Seri II bertajuk ‘Peranan Artis di Tengah Pandemi Covid-19’, yang dipandu Presiden Pemuda Asia Afrika Beni Pramula. 

Beberapa selebriti turut hadir, yaitu Ayu Azhari, Eko Patrio, Wanda Hamidah, Vega Darwanti, Jessica Iskandar, Intan Erlita dan Febi Febiola. Menurut Ayu Azhari, pandemi virus corona yang diikuti oleh kebijakan Work from Home dan PSBB memang turut memukul ekonomi para artis, namun mereka cepat beradaptasi dengan keadaan.

Dikatakannya, profesi artis sebenarnya terbiasa beradaptasi dengan cepat karena pekerjaannya melatih mereka untuk punya daya tahan terhadap ketidakstabilan. Dia bergabung dengan Gerakan Seribu Untuk Indonesia (GSUI) yang menggalang donasi untuk keperluan sosial.

“Kami ingin menjadi bagian dari anak bangsa yang peduli untuk berpartisipasi memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara,” kata Ayu Azhari kepada VIVA, Kamis, 25 Juni 2020.

Sementara itu, Eko Patrio menilai pandemi ini sebagai badai yang sempurna (perfect storm) yang meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan manusia. Dari persoalan yang awalnya masalah kesehatan berkembang menjadi masalah ekonomi dan sosial.

Meski demikian Eko meyakini bahwa setiap krisis selalu akan menimbulkan kreativitas dan melahirkan orang-orang hebat.

“Saya menyebut mereka yang pantang menyerah ini sebagai coconut generation yang tahan banting di setiap situasi sulit,” ujar Eko.

“Saya juga merasa punya tanggung jawab politik dan moral untuk membantu masyarakat di Dapil. Karena itu gaji saya juga digunakan untuk membeli paket sembako untuk diberikan kepada masyarakat,” lanjut Eko.

Himpitan ekonomi akibat dampak virus corona ternyata tak membuat jiwa kepekaan sosial di kalangan artis menjadi luntur. Hal ini setidaknya ditunjukkan oleh Jessica Iskandar. Selain berprofesi sebagai artis, dia juga punya usaha di bidang penjualan roti dan kosmetik.

“Waktu itu aku sempat stres. Aku jualan roti sama kosmetik, mall tutup semua. Jadi daganganku tutup semua. Jadi udah aku enggak syuting, dagangan tutup, nikah enggak jadi. Tapi aku juga berpikir, harus muter otak agar bisa bangkit,” kata Jedar.

Akhirnya dia berinisiatif untuk menerapkan konsep pick delivery untuk roti yang dijualnya. Dari situ Jedar malah bisa merekrut sekitar 10 orang korban PHK untuk dipekerjakan.

“Jadi meskipun aku punya beban cicilan rumah dan mobil, aku masih ada tabungan sehingga tidak ada karyawan yang di-PHK. Karyawan roti, karyawan kosmetik, karyawan channel YouTube semua tetap aku bayar gaji dan THR-nya,” ungkap dia.

Selain itu, Jedar juga membantu masyarakat dengan cara memberikan endorse gratis. Dengan follower Instagram lebih 23 juta, dia membantu masyarakat mempromosikan dagangannya untuk berbagai jenis produk.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA