Jumat 26 Jun 2020 02:11 WIB

Kalahkan Southampton, Arsenal Akhiri Tren Negatif

Arsenal mengalahkan tuan rumah Southampton dengan skor 2-0.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan
Southampton vs Arsenal (ilustrasi)
Foto: Republika
Southampton vs Arsenal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Arsenal memutus tren negatif kala menghadapi Southampton, Jumat (26/6) dini hari WIB. Bertandang ke Stadion St Mary, The Gunners sukses membawa tiga poin penuh setelah mengalahkan the Saint dengan skor 2-0.

Kemenangan ini sekaligus yang pertama diraih pasukan Mikel Arterta, sejak Liga Inggris kembali bergulir akibat pandemi virus corona. Di awal pertandingan, Arsenal lebih bermain agresif karena  memakai formasi 4-3-3, trio Aubameyang, Pepe, dan Nketiah lebih leluasa bergerak di daerah pertahanan lawan. Sementara Southampton yang menerapkan pola 4-4-2, cenderung bermain lebih hati-hati dengan umpan-umpan pendek.

Baca Juga

Walaupun hanya memasang dua striker, Southampton tetap memberi ancaman di sepuluh menit pertama pertandingan. Gerak-gerik Danny Ings pun terpaksa dihentikan Mustafi hingga wasit harus mengeluarkan kartu kuning. Sayangnya, tendangan bebas Ings belum berhasil membuahkan hasil. 

Intensitas permainan sempat melandai beberapa saat kemudian. Hingga akhirnya, Alex McCarthy yang seharusnya dapat menguasai bola justru mengoper bola ke kaki pemain lawan. Nketiah yang mendapat  hadiah operan itu langsung menggiring bola dan memasukkannya ke gawang dengan mudah. 

Gelandang Southampton, Ward-Prowse sempat menghadirkan satu peluang lewat tendangan keras  di luar kotak penalti. Namun kiper Arsenal, Martinez, mampu menguasai sepakan tersebut. Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta dari kedua kubu. 

Tak ada perbedaan signifikan di babak kedua. Masing-masing tim masih mencari celah dari kelemahan lawan. Kesempatan emas pertama kali didapatkan oleh penggawa Southampton, Stuart Amstrong ketika tendangannya masih mampu diselamatkan kiper Arsenal di menit ke-56. 

Arteta akhirnya memasukkan Lacazette untuk mengganti Nketiah di menit ke-80. Kehadiran bomber asal Prancis itu sedikit membawa angin segar di lini depan. 

Terbukti di menit ke-84, sektor serang Arsenal yang semakin agresif berbuah tendangan bebas di muka kotak penalti. Lacazette yang dipercaya menjadi eksekutor ternyata gagal menembus pagar betis. 

Lacazette kembali menendang bola yang memantul ke kakinya, namun berhasil ditepis kiper Southampton. Bola liar kemudian mengarah ke kaki Joe Willock dan ia tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk melahirkan gol kedua. 

Perolehan tiga poin membuat Arsenal berad di posisi kesembilan dan semakin dekat dengan zona Eropa, dan hanya terpaut satu poin lebih sedikit dari rival sekota mereka Tottenham Hotspur yang bertengger di posisi ketujuh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement