Jumat 26 Jun 2020 01:05 WIB

Iqbaal Ramadhan Refleksikan Diri dengan Bermusik

Iqbaal suarakan keresahan kehidupan melalui lirik-lirik lagu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Iqbaal Ramadhan suarakan keresahan kehidupan melalui lirik-lirik lagu (Foto: Iqbaal Ramadhan)
Foto: Abdan Syakura
Iqbaal Ramadhan suarakan keresahan kehidupan melalui lirik-lirik lagu (Foto: Iqbaal Ramadhan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bermusik dan menciptakan karya lagu menjadi wujud refleksi bagi musisi sekaligus aktor Iqbaal Ramadhan. Mantan personel grup vokal CJR itu adalah pemain bas Svmmerdose, band yang dia bentuk bersama vokalis Tarapti Ikhtiar Rinrin.  

Keresahan terkait kehidupan, termasuk gejolak di masa muda pun tersuarakan dalam lirik-lirik lagu Svmmerdose. Pada salah satu tembang yang termuat di album She/Her/ Hers, Iqbaal menuangkan keresahannya di lagu "I H8 U".

Baca Juga

Pemuda 20 tahun kelahiran Surabaya itu menulis bagian chorus lagu pada 2017. Saat itu, dia berada dalam kondisi kurang menyenangkan dalam sebuah hubungan romansa. Iqbaal melakukan kesalahan dan membayangkan bagaimana sang kekasih membenci tindakannya.

"Lagu itu proyeksi betapa sebalnya aku sama diriku sendiri atas apa yang aku lakukan, tentang rasa bersalahku. Jadi self reminder, ada fase hidup sudah melakukan hal-hal yang aku nggak suka," kata pemeran tokoh Dilan tersebut.

Pada saat terjadi konflik dengan pasangannya, Iqbaal tidak serta-merta menyadari kesalahannya, bahkan tidak mau mengakui dirinya yang salah. Ketika momen itu berlalu, Iqbaal melakukan kontemplasi dan memikirkan semua yang terjadi.

Iqbaal juga mengungkapkan alasannya membentuk Svmmerdose. Band yang terbentuk sejak akhir 2017 lewat Skype itu semula terdiri dari tiga personel, yakni dirinya, Rinrin, dan Agy (gitaris). Namun, Agy memutuskan hengkang karena menempuh studi.

"Enggak pernah pe-de tampil sendirian di panggung besar, sudah pernah cobain dan itu bukan aku, akhirnya bikin proyek solo, tapi enggak 'solo' banget. Dari dulu ngerasa fun kalau kerja sama teman," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement