Kamis 25 Jun 2020 22:34 WIB

Pengacara di India Garap Film Dokumenter Masjid Kapurthala

Film Dokumenter Masjid Moorish Kapurthala Punjab India berhasil dibuat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Film Dokumenter Masjid Moorish Kapurthala Punjab India berhasil dibuat. Bendera India (Ilustrasi).
Foto: IST
Film Dokumenter Masjid Moorish Kapurthala Punjab India berhasil dibuat. Bendera India (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KAPURTHALA – Seorang pengacara berhasil membuat film dokumenter menarik tentang masjid bersejarah di Kapurthala, Punjab, India. 

Dia adalah Harpreet Sandhu, pengacara yang tinggal di Ludhiana itu berupaya mempromosikan kekayaan warisan negaranya yakni Masjid Moorish atau Masjid Moor di Kapurthala. 

Baca Juga

Masjid itu merupakan masjid bersejarah karena dibangun  penguasa terakhir yakni Raja Jagjit Singh pada 1930. 

Film dokumenter tentang Masjid Moor itu pun ditayangkan perdana oleh Sekertaris Utama Departemen Pariwisata Punjab, Hussan Lal di kantornya di Chandigarh pada Selasa lalu.   

Film dokumenter Masjid Moor yang dibuat Sandhu pun memperoleh apresiasi dari Departemen Pariwisata. Film dokumenter Masjid Moor dinilai sangat menarik dan dapat memukau orang-orang.  

"Film ini akan memukau setiap penduduk Punjab, karena film ini menggambarkan keindahan dan arsitektur monumen yang menakjubkan, sebuah replika Masjid Agung Marrakesh di Maroko," kata Hussan Lal seperti dilansir Tribune India pada Kamis (24/6).   

Hussan Lal pun menghargai apa yang dikerjakan pengacara Harpreet Sandhu yang sudah berdedikasi membuat film dokumenter yang sangat baik selama masa penutupan karena pandemi Covid-19.  

Sementara itu Harpreet Sandhu mengakui kegemarannya dalam dunia fotografi situs-situs warisan bersejarah mendorongnya memanfaatkan waktu selama penguncian karena Covid-19 untuk mengunjungi Masjid Moor dan membuat film dokumenter. 

Dia mempunyai keinginan untuk mengembangkan pariwisata di Punjab dan menarik banyak pengunjung untuk melihat warisan pusaka yang kaya di Punjab.  

"Setelah memandang pertama Masjid ini (Masjid Moor) seperti merasa berada di Masjid Marrakesh, Maroko. Karena arsitektur masjid terpola pada garis yang sama dengan Masjid Agung Maroko," katanya. 

 

Sumber: https://www.tribuneindia.com/news/jalandhar/documentary-on-moorish-mosque-released-online-103328

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement