Kamis 25 Jun 2020 20:44 WIB

Pengunjung Toserba di Indramayu Dites Swab Massal

Mempercepat proses pendeteksian terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pengunjung Toserba di Indramayu Dites Swab Massal (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
Pengunjung Toserba di Indramayu Dites Swab Massal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU -- Empat orang remaja terlihat asyik memilih-milih barang di salah satu toko serba ada (toserba) di Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Rabu (24/6) sore. Setelah melakukan transaksi di kasir, mereka keluar dari Toserba tersebut dengan wajah ceria.

Namun, keceriaan mereka seketika berubah menjadi rasa terkejut dan bingung ketika sejumlah petugas mengarahkan mereka ke salah satu sudut di teras Toserba tersebut. Di sana sudah menunggu sejumlah petugas lainnya yang berpakaian ala astronot.

Ternyata, petugas itu adalah bagian dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, yang siap melakukan pemeriksaan swab massal. Tanpa bisa mengelak, keempat remaja tanggung tersebut akhirnya mengikuti tes swab.

Tak hanya mereka, pemeriksaan swab massal juga menyasar pengunjung lainnya. Begitu pula sejumlah karyawan Toserba tersebut.

Sebelum di lokasi tersebut, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu pada pagi harinya juga melakukan pemeriksaan swab massal di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong, Kecamatan/Kabupaten Indramayu. Di TPI, pemeriksaan swab menyasar warga dan nelayan yang tengah beraktivitas di lokasi tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, menjelaskan, pihaknya memang terus melakukan pemeriksaan swab massal dengan menyasar lokasi kerumunan. Tujuannya, untuk mempercepat proses pendeteksian terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu.

‘’Kali ini kami menyasar pasar modern atau toserba dan TPI untuk kegiatan swab massal,’’ kata Deden, Kamis (25/6).

Sebelumnya, kegiatan swab massal di Kabupaten Indramayu telah dilakukan di empat area publik. Yakni di Sport Centre Indramayu sebanyak 86 sampel, Pasar Karangampel 155 sampel, Pasar Jatibarang 155 sampel dan Pasar Baru Indramayu sebanyak 126 sampel.

Selain itu, pemeriksaan swab juga dilakukan terhadap 156 orang imam masjid dan tokoh agama di Kabupaten Indramayu. Kegiatan serupa juga dilakukan terhadap 200 orang warga, termasuk pengemudi angkutan umum di Kecamatan Patrol dan Haurgeulis.

Sementara itu, Camat Indramayu, Asep Kusdianti, mengatakan, swab massal tersebut sangat membantu untuk memutus penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah kecamatan yang dipimpinnya. Mengingat Kecamatan Indramayu berada di pusat kota yang sangat terbuka dan ramai terutama aktivitas masyarakatnya.

‘’Kami berharap semoga semua hasil tesnya negatif dan sehat,’’ tandas Asep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement