Kamis 25 Jun 2020 06:43 WIB

Maps di iOS 14 Mudahkan Pengguna Mobil Listrik

Maps akan memberikan navigasi agar pengguna bisa menemukan stasiun pengisian listrik.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Mobil Listrik
Foto: Mgrol101
Ilustrasi Mobil Listrik

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Saat ini, Apple melakukan pembaruan operating system (OS) terbaru yakni iOS 14. Salah satu terobosan yang dihadirkan dalam OS itu adalah fitur yang berkaitan dengan pengguna mobil listrik atau electric vehicle (EV).

Dilansir dari Car and Driver pada Kamis (25/6), fitur ini nantinya akan memudahkan pengguna dalam mencari stasiun pengisian bahan bakar. Bahkan, fitur yang disisipkan dalam Apple Maps App ini juga dapat menentukan rute perjalanan yang mempertimbangkan lokasi charging station.

Baca Juga

Artinya, lewat fitur ini, pengendara dapat melakukan perjalanan melalui rute-rute yang melewati tempat pengisian ulang baterai. Sehingga, pengendara dapat lebih mudah dalam melakukan pengisian ulang sepanjang perjalanan.

Dengan adanya fitur ini, maka pengendara dapat memperluas opsi penggunaan navigasi selain mengandalkan Google Maps dan built-in navigation system.

Terobosan ini diumumkan oleh Apple dalam World Wide Developers Conference (WWDC). Lewat kerja sama dengan sejumlah pabrikan otomotif, maka fitur ini akan mengolah data berdasarkan kendaraan yang digunakan, kondisi sekitar dan destinasi yang akan dituju. Seluruh data itu pun kemudian dikalkulasi untuk dapat menentukan kebutuhan daya serta rute yang paling optimal.

Saat ini, Apple telah menggandeng kerja sama dengan Ford dan BMW. Kedepanya, kerja sama itu pun akan diperluas sehingga fitur ini dapat sinkron dengan sejumlah produk dari jenama lainya.

Rencananya, fitur ini akan hadir bersama iOS 14 yang akan diluncurkan pada musim gugur ini. Selain memudahkan dalam menentukan rute dan lokasi charging station, fitur ini pun akan memudahkan pengendara dalam menemukan lokasi parkir yang dilengkapi dengan fasilitas isi ulang daya baterai.

Selain fitur ini, Apple pun tengah mengembangkan digital car key berbasis teknologi nirkabel pada iPhone. Pada tahap awal, terobosan ini pun dilakukan lewat kerja sama dengan BMW.

Rencananya, fitur dalam BMW 5 Series 2021 itu akan diluncurkan pada bulan depan dan dibenamkan dalam iOS 13. Setelah itu, fitur digital car key ini juga akan ditanamkan dalam iOS 14 dan dapat diterapkan dalam jajaran mobil lain.

Fitur ini sendiri berfungsi lewat aplikasi yang menghubungkan antara iPhone dan software dalam mobil. Dengan fitur ini, maka pengendara dapat membuka kunci pintu dan menyalakan mobil tanpa remote dan cukup dengan mengandalkan iPhone.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement