Kamis 25 Jun 2020 03:45 WIB

Lazismu Bantu Biaya Pulang Mahasiswi Thailand

Sejumlah mahasiswi asal Thailand harus libur sementara.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Lazismu Bantu Biaya Pulang Mahasiswi Thailand . Foto: (ilustrasi) logo lazismu muhammadiyah
Foto: tangkapan layar filantropi indonesia
Lazismu Bantu Biaya Pulang Mahasiswi Thailand . Foto: (ilustrasi) logo lazismu muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID, PAREPARE -- Sejumlah mahasiswi asal Thailand yang menempuh kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare harus libur sementara  karena Covid-19 dan memaksa mereka kembali ke negaranya.

Lazismu mendukung spirit mereka yang menuntut ilmu di Indonesia. Karena kepulangannya membutuhkan biaya sebagai asnaf Lazismu membantu dengan memberikan biaya perjalanan.

Baca Juga

"Kategori mereka masuk asnaf Ibnu Sabil sebagai penerima manfaat yang berhak mendapatkan zakat," kata Saiful Amir selaku Manager Eksekutif Lazismu Parepare sesuai rilis yang diterima Republika, Rabu (24/6).

Keempat mahasiswi ini adalah Aesah Tuengon,Tuan Nurmee Hayeema, Saadah Hayifa O, Afnan Teti, semuanya mahasiswi pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Parepare.

Penyerahan bantuan ini diberikan oleh Saiful Amir pada Rabu (24/6) di Kompleks perumahan Dosen IAIN Parepare.

Saiful Amir mengatakan mereka adalah mahasiswi asal Pattani,Thailand yang akan kembali ke tanah kelahirannya karena libur selama pandemi Corona. Lazismu Parepare memberikan sejumlah bantuan dana untuk biaya perjalanan.

"Ini sebagai bentuk perhatian kepada tamu kita yang menuntut ilmu maka kita wajib meringankan beban perjalanan mereka sebagai  musafir dan ibnu sabil, semoga adik-adik mahasiswi ini bisa tiba dengan selamat bersua kembali dengan keluarganya," jelas dia.

"Mereka ini sementara menempuh studi di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN dengan beasiswa bidik misi, tapi karena corona dan mereka libur mereka akan bersilaturrahim dengan keluarganya sampai pandemi mulai reda, dan akan kembali ke Parepare untuk kuliah. Kami mengusulkan kepada Lazismu untuk memberikan bantuan untuk meringankan beban biaya perjalanannya karena kondisinya sangat terbatas, apalagi harus menjalani rapid tes sebelum terbang ke negaranya," jelas Mahsyar Idris yang juga sebagai Direktur PPs IAIN Parepare.

Ketua Dewan Syariah Lazismu mengusulkan kepada Lazismu Parepare untuk membantu sebagai orang berhak untuk mendapatkan hak zakat dari asnaf ibnu Sabil dan alhamdulillah amil Lazismu sangat cepat melayani dan mendukung mereka.

Ketua Lazismu Parepare Erna Rasyid Taufan mengapresiasi gerakan cepat amil Lazismu untuk membantu mahasiswi asal negara gajah putih ini. Kewajiban kita memuliakan tamu apalagi mereka adalah thalibul ilmi wajib lembaga zakat untuk mendukung mereka.

Inilah fungsi lembaga kemanusiaan seperti Lazismu untuk saling meringankan beban dan saling memudahkan sebagai aktualisasi ajaran Islam, ungkap Erna Rasyid yang juga Muballighat yang pernah berdakwah di negara Thailand ini. Keempat Mahasiswa ini sangat bersyukur kepada Allah swt atas rejeki ini dan berterima kasih kepada Lazismu, seperti yang diungkap oleh Afnan dan Tuan Nurmee Hayeema dalam bahasa Pattani: ต้องขอขอบคุณ ลาอิสมุฮ โกตา ปาเรปาเร (yang berarti terima kasih Lazismu Parepare.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement