Rabu 24 Jun 2020 18:28 WIB

Dalil Alquran Soal Individu, Tempat, Benda Punya Keberkahan

Alquran menyebutkan sejumlah tempat, individu, dan benda punya keberkahan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran menyebutkan sejumlah tempat, individu, dan benda punya keberkahan. Ilustrasi Kota Makkah.
Foto: Antara/Aji Styawan
Alquran menyebutkan sejumlah tempat, individu, dan benda punya keberkahan. Ilustrasi Kota Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sering kita mendengar kata berkah dan mendapat keberkahan. Baik keberkahan yang didapat dari seseorang maupun suatu benda dan Alquran telah menjelaskan tentang bagaimana agar mendapat keberkahan.  

Ustadz Hanif Luthfi Lc, MA dalam bukunya "Halal Haram Tabarruk" mengatakan, tabaruk atau mencari berkah dari seseorang atau suatu benda menjadi pembahasan yang cukup hangat dibicarakan.  

Baca Juga

"Baik tabaruk kepada orang yang masih hidup, atau sudah meninggal, atau tabarruk terhadap barang-barang yang ditinggalkan oleh orang yang dianggap memiliki kesalehan dalam beragama," katanya.

Dia mengatakan di satu sisi ada beberapa kalangan yang suka mencari keberkahan. Di sisi lain, adapula yang menganggap pencarian berkah itu suatu yang masuk bab syirik, karena dianggap meminta kepada selain Allah.

Sebenarnya kata dia, keberkahan yang diberikan Allah SWT mudah ditemukan ayatnya dalam Alquran. 

Pertama, Alquran itu sendiri adalah kitab yang penuh keberkahan. Allah SWT  berfirman dalam surat Al-An’am ayat 92: 

وَهَٰذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ "Inilah kitab yang Kami turunkan penuh dengan keberkahan."

Dalam surat Shad ayat 29 Allah berfirman: كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

"Kitab (Alquran) yang Kami turunkan kepadamu dengan penuh keberkahan supaya mereka menghayati ayat-ayatnya dan supaya orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran."

Kedua, keberkahan, kata Ustadz Hanif Luthfi juga berada pada hamba Allah yang beliau pilih, misalnya Nabi Isa. Allah SWT berfirman dalam surat Maryam ayat 31: 

وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنْتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا 

"Dan Allah menjadikan diberkahi dimanapun Aku berada, Allah berwasiat kepadaku untuk shalat, zakat selama aku masih hidup."

Ketiga, Allah SWT juga memberikan keberkahan kepada suatu tempat, misalnya Makkah. Allah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 96: 

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ

"Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam".

Keempat, keberkahan juga Allah berikah kepada suatu benda, mislanya air yang diturunkan dari langit. Allah berfirman Qaf ayat 9: 

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

"Dan Kami turunkan dari langit air yang berkah, lalu kami tumbuhkan dengannya kebun-kebun dan biji-bijian yang bisa dipanen."   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement