Rabu 24 Jun 2020 13:41 WIB

Steve Job dan Bill Gates Batasi Anaknya Gunakan Ponsel

Bill Gates tidak membiarkan anak-anaknya mendapatkan ponsel sampai berusia 14 tahun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bill Gates
Foto: EPA
Bill Gates

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang yang paling dekat dengan sesuatu sering kali menjadi yang paling waspada terhadap hal tersebut. Para ahli teknologi ternyata memahami benar bagaimana ponsel berfungsi dan risiko negatif dari pemanfaatannya.

Tebersit keingintahuan dua pendidik bernama Joe Clement dan Matt Miles terkait apakah dua tokoh teknologi terbesar saat ini, Bill Gates dan mendiang Steve Jobs, mengetahui kekuatan adiktif dari teknologi digital. Sejak 2007, Bill Gates ternyata telah menerapkan batasan waktu penggunaan layar ketika putrinya mulai mengembangkan keterikatan yang tidak sehat dengan gim video.

Baca Juga

Ia juga tidak membiarkan anak-anaknya mendapatkan ponsel sampai mereka berusia 14 tahun. Padahal, usia rata-rata seorang anak mendapatkan ponsel pertama mereka saat ini adalah 10 tahun.

Jobs, yang merupakan CEO Apple hingga kematiannya, mengungkapkan dalam sebuah wawancara New York Times pada 2011 bahwa ia melarang anakanaknya menggunakan Ipad yang baru dirilis. "Kami membatasi seberapa banyak teknologi yang digunakan anak-anak kami di rumah," kata Jobs, dilansir dari The Independent.

Anak-anak Jobs kini telah lulus sekolah, jadi tidak mungkin mengetahui bagaimana anak-anak pendiri Apple tersebut merespons teknologi pendidikan atau edtech. Namun, Clement dan Miles berpendapat jika anak-anak Jobs meng hadiri rata-rata sekolah AS sekarang ini, mereka akan menggunakan teknologi di kelas jauh lebih banyak daripada yang mereka lakukan di rumah saat tumbuh dewasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement