Rabu 24 Jun 2020 12:05 WIB

Cara Mudah dan Murah Membuat Masker Tomat untuk Kulit Wajah

Tomat mengandung banyak vitamin yang terdapat di produk kecantikan.

Tomat
Foto: dok Republika
Tomat

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Anda mungkin sudah mengetahui, tomat adalah makanan super karena berbagai alasan. Tomat tidak hanya bagus untuk kesehatan pencernaan tetapi juga bermanfaat bagi kulit.

Tomat kaya vitamin A, C, dan K. Vitamin-vitamin tersebut bisa Anda temukan dalam berbagai produk kecantikan. Vitamin ini sangat sehat untuk kulit.

Tomat memiliki jenis keasaman yang mampu membuka pori-pori kulit dan membantu mengobati jerawat. Bahkan, tomat bisa digunakan untuk menghilangkan radikal bebas yang mencemari sel-sel kulit yang sehat.

Ada banyak yang bisa Anda lakukan terhadap tomat untuk kulit Anda. Berikut tiga resep tomat yang bisa digunakan untuk kulit seperti dilansir di Times of India, Rabu (24/3):

1. Skrub tomat untuk komedo

Untuk mmebuatnya, Anda hanya membutuhkan satu buah tomat dan satu sendok makan gula pasir. Yang perlu Anda lakukan adalah menaburkan gula di atas setengah tomat dan menggosoknya dengan lembut di wajah dengan gerakan memutar.

Fokus pada pipi, dagu, dan hidung karena ini adalah area yang biasanya terdapat banyak komedo. Asam dalam tomat dan butiran gula akan membuat wajah Anda terkelupas dengan baik. Anda bisa menggunakannya dua kali sepekan. Bilas sesudahnya dengan air hangat.

2. Masker tomat untuk jerawat

Untuk ini, Anda membutuhkan satu sendok teh jus lemon segar, satu sendok makan tomat yang sudah dihancurkan, dua hingga tiga sendok makan tepung oatmeal.

Kocok tomat dan jus lemon hingga tercampur rata. Setelah itu tambahkan tepung oatmeal secara perlahan sampai Anda mendapatkan campuran yang bagus Oleskan masker ini di wajah dan diamkan selama 15 menit. Masker ini akan membantu membuka pori-pori dan menghilangkan bekas jerawat selama periode waktu tertentu. Masker ini bahkan bekerja dengan baik untuk memerangi pigmentasi. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya diuji terlebih dulu di kulit bagian lain, sebelum mengaplikasikannya di wajah.

3. Masker tomat untuk kulit cerah

Anda membutuhkan satu sendok makan tomat halus dan dua sendok makan Greek Yunani. Campur kedua bahan dengan baik. Setelah itu, oleskan pada wajah. Tunggu sampai 10 menit, setelah itu bersihkan dari kulit. Bilas dengan air dingin. Masker ini akan membantu melembabkan kulit dan mengurangi pigmentasi. Yogurt membantu melembabkan kulit dan membuat Anda kulit lebih halus dan kenyal seiring waktu.

4. Masker tomat dan pepaya untuk jenis kulit kombinasi

Untuk mebuatnya, Anda memerlukan delapan hingga sepuluh potongan dadu pepaya dan "bubur" tomat. Haluskan potongan pepaya, setelah itu masukkan tomat yang sudah dihaluskan dalam jumlah yang sama. Oleskan ke wajah Anda dan beri waktu 15 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat. Masker ini sangat bagus untuk noda di wajah, dan bahkan mmebuat kulit Anda bercahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement