Selasa 23 Jun 2020 21:19 WIB

Mantan Wasit Liga Inggris Komentari Insiden Cedera Leno

Keputusan wasit Martin Atkinson diniliai sudah tepat tak memberikan kartu ke Maupay.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Kiper Arsenal Bernd Leno (kanan) mengerang kesakitan setelah bertabrakan dengan penyerang Brighton Neal Maupay (kiri).
Foto: EPA-EFE/GARETH FULLER
Kiper Arsenal Bernd Leno (kanan) mengerang kesakitan setelah bertabrakan dengan penyerang Brighton Neal Maupay (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan wasit Liga Primer Inggris Dermot Gallagher memberikan penilaiannya atas insiden penting pada kekalahan Arsenal 1-2 atas Brighton and Hove Albion dalam lanjutan pekan ke-30 Liga Primer Inggris 2019/2020. Saat itu, kiper Arsenal Bernd Leno harus ditandu keluar lapangan akibat salah mendarat karena beradu badan dengan penyerang Brighton, Neal Maupay. Setelah itu, pemain Arsenal Matteo Guendouzi meletakkan tangannya di leher Maupay setelah peluit akhir.

Dalam pernyataannya di acara Ref Watch, Sky Sports, Gallagher mengaku setuju dengan keputusan wasit Martin Atkinson yang tak memberikan kartu kepada Maupay, meskipun ia menyatakan ada pelanggaran dari penyerang Brighton itu.

Baca Juga

"Ingatlah bahwa Leno mendarat di luar kotak penalti dan jika wasit memutuskan untuk tidak memberikan pelanggaran terhadap Maupay, dia harus memberikan hukuman handball kepada Leno," kata Gallagher dilansir Football London, Selasa (23/6).

Leno yang mencoba keluar dari gawangnya untuk menyongsong tendangan pemain Brighton di sisi kanan kotak penalti. Pada saat yang sama, Maupay melompat hendak menyongsong bola, lalu menabrak Leno sehingga kiper asal Jerman itu mendarat dalam posisi tidak ideal.

Leno yang digantikan Emiliano Martinez, tak bisa menutup kekesalannya kepada striker the Seagulls. Namun, Gallagher mengaku keputusan wasit Martin Atkinson untuk tidak memberikan kartu kepada Maupay adalah alasan tepat.

Pasalnya, ia meyakini striker asal Prancis tidak benar-benar merencanakan aksi untuk mencedari Leno. "Itulah alasan lain mengapa Atkinson memberikan tendangan bebas ke Arsenal. Itu hanya tendangan bebas, bukan kuning atau merah karena, saya tidak berpikir Maupay melakukan sesuatu yang tidak diinginkan seperti itu, Leno hanya tak beruntung," kata dia.

Gallagher tahu bahwa Leno sangat tidak bahagia karena mengalami cedera cukup parah. Tetapi, baginya Maupay tidak bisa disalahkan atas insiden tersebut hanya saja ketegangan mulai timbul saat penyerang berusia 23 tahun berhasil merobek gawang Meriam London sekaligus menjadi penentu kemenangan tuan rumah.

"Tapi kemudian dia mencetak gol kemenangan, yang jelas menambah panas pemain Arsenal, dan kemudian pada akhirnya, tak ada kartu merah yang melayang," sambung dia.

Mengenai Guendouzi yang hendak 'mencekik' Maupay setelah laga, Gallagher menilai semuanya tergantung laporan wasit setelah pertandingan. Namun, ia memperkirakan Guendouzi tak akan terkena sanksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement