Selasa 23 Jun 2020 18:52 WIB

Guardiola Jadikan Phil Foden Pemain Masa Depan Man City

Foden mencetak dua gol saat City menaklukkan Burnley 5-0.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pemain Muda Manchester City, Phil Foden.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Pemain Muda Manchester City, Phil Foden.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Dalam dua pertandingan terakhir pascapandemi Covid-19, Manchester City berhasil mengemas angka sempurna. Teranyar the Citizens sukses mencuruk Burnley dengan skor 5-0 pada laga pekan ke-30 Liga Primer Inggris 2019/2020, Rabu (23/6) dini hari WIB.

Dalam dua partai tersebut pelatih Pep Guardiola menyoroti penampilan gemilang Phil Foden. Sang bintang muda dua kali menjebol gawang Burnley. Pertama gol pembuka City dicetak Foden pada menit ke-22. Selanjutnya, gol penutup kemenangan dikemasnya pada menit ke-63.

Baca Juga

Berbagai pujian dan harapan tinggi yang tertanam kepada pemain timnas Inggris tersebut. Kemenangan itu tetap membuat City berada di peringkat kedua klasemen Liga Primer dengan mengoleksi 63 poin dari 30 laga.

"Itu banyak membantu kami, gol pertama dari Phil Foden. Saya ingat beberapa pertandingan di piala liga di mana ia bermain dengan cara yang sama. Saya bahagia untuknya dan jika dia merasa itu adalah penampilan terbaiknya, maka hal itu sangat sempurna," tegas Guardiola dikutip dari Manchester Evening News, Selasa (23/6).

Foden baru berusia 20 tahun. Ia merupakan pemain asli jebolan akademi Manchester City. Menukil Whoscored, Foden tercatat telah memainkan 16 pertandingan Liga Primer Inggris 2019/2020 dengan membukukan tiga gol serta satu assist.

Meski 12 penampilan tersebut datang sebagai pemain pengganti di interval kedua, namun Guardiola tak meragukan kualitas yang disajikan oleh pemilik nomor punggung 47 di Stadion Etihad.

"Ketika dirinya bermain ia tidak pernah tampil buruk, terutama dengan sikap dan perilakunya, meskipun dia bermain atau tidak bermain," sambung entrenador asal Spanyol.

Sejak dipromosikan masuk skuat utama the Citizens pada 2017/2018 lalu, Phil Foden digadang-gadang menjadi talenta besar City pada masa depan. Guardiola pun kerasaan jika pemuda kelahiran Stockport, Inggris adalah pemain muda paling bertalenta yang pernah ia miliki.

"Ia akan menjadi pemain penting untuk dekade berikutnya di klub ini. Setiap menit ia bermain, ia pantas mendapatkannya. Bukan hanya dua gol, cara dia bertarung," kata dia.

Lebih lanjut, Guardiola menilai City tak perlu lagi mencari pengganti David Silva yang akan pergi pengunjung musim ini. Pasalnya, Foden dianggap bisa menjadi suksesor Silva di klub asal kota pelabuhan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement