Selasa 23 Jun 2020 18:32 WIB

Hikmah Covid-19, Dakwah Virtual Masjid di Inggris Semarak

Masjid di Inggris menggelar tur virtual untuk mensosialisasikan masjid.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid di Inggris menggelar tur virtual untuk mensosialisasikan masjid. Ilustrasi bendera Inggris.
Foto: Andi Rain/EPA-EFE
Masjid di Inggris menggelar tur virtual untuk mensosialisasikan masjid. Ilustrasi bendera Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS— Pandemi ternyata tidak menyebabkan kegiatan rutin #VisitMyMosque dari Dewan Muslim Inggris (MCB) terhenti. Kegiatan tur masjid yang dilakukan setiap tahun ini mulai dilakukan secara virtual, dan berhasil menggaet ribuan pengunjung. 

Dewan Muslim Inggris melalui program Visit My Mosque Day dan The Great Get Together, menyediakan pilihan masjid yang dapat dipilih untuk dikunjungi secara digital oleh pengunjung.

Baca Juga

Setiap masjid akan mengadakan sesi tanya jawab interaktif antara pengurus masjid dan pengunjung. Pengunjung dapat mendaftar secara online dan mengajukan pertanyaan kepada pengurus masjid terkait fasilitas masjid, kapasitas jamaah, kegiatan masjid terutama selama pandemi.

Tur virtual ini dilakukan di beberapa platform, seperti Zoom, Facebook Live, dan streaming YouTube. "Ini adalah pertama kalinya banyak orang yang datang dan tertarik mengunjungi dan melihat masjid," ujar salah satu panitia #VisitMyMosque yang dikutip di MCB, Selasa (23/6).  

 

Salah satu masjid yang berpartisipasi dalam program Visit My Mosque adalah Cambridge Central Mosque. Masjid ramah lingkungan pertama di Eropa ini menjelaskan kegiatan mereka selama penutupan akses (lockdown), salah satunya mengirimkan 1000 lebih paket makanan kepada staf Royal Papworth Hospital. 

Sedangkan Masjid Old Kent Road di London Selatan, yang menjadi pusat komunitas Muslim Nigeria tertua di London, memberikan informasi yang edukatif terkait gerakan #BlackLivesMatter dan dampak positif yang telah dilakukan masjid bagi lingkungan sekitarnya.

“Alhamdulillah kami sangat merasa terhormat karena menjadi bagian dari program ini. Tur masjid virtual ini membantu kami mengajak masyarakat untuk mengunjungi masjid kami, dan menjalin kerjasama yang holistik," ujar Samer Haque, Kepala pengurus Masjid Ibrahim yang juga berpartisipasi.

Salah satu peserta tur, Rachel Choo, seorang mahasiswa PhD dari York, mengatakan, ini merupakan kali pertamanya mengikuti tur masjid, dan pilihannya tertuju pada Finsbury Park Mosque. Disana, Rachel mengaku terpesona dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan masjid tersebut.

"Ada banyak pilihan video kegiatan yang telah mereka lakukan selama beberapa tahun terakhir dan juga dalam beberapa bulan terakhir, pidato singkat dari anggota masyarakat, serta diskusi rasisme yang sangat tepat dibahas saat-saat ini. Saya khususnya sangat tersentuh saat melihat bahwa perempuan juga memegang peran penting di masjid," ujar Rachel.

sumber:  https://mcb.org.uk/general/thousands-join-virtual-mosque-tours-as-part-of-the-great-get-together-weekend/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement