Selasa 23 Jun 2020 16:17 WIB

77 Pedagang Tanah Abang Ikuti Rapid Test, 11 Reaktif

Puluhan pedagang Pasar Tanah Abang mengikuti rapid test dan swab test.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Rapid Test (Ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Rapid Test (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mengikuti rapid test dan swab Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang digelar Puskesmas Kecamatan Tanah Abang. Dari 77 pedagang yang dites cepat, 11 di antaranya reaktif.

Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu mengatakan, 12 tenaga medis dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan serangkaian tes terhadap 149 pedagang yang tersebar di Blok A dan Blok B Tanah Abang. Ia pun memerinci, terdapat 77 pedagang yang mengikuti rapid test dan 72 pedagang mengikuti tes swab.

"Hasil tes swab baru bisa diketahui tiga sampai lima hari mendatang. Untuk 77 pedagang yang mengikuti rapid, hasilnya ada 11 pedagang yang reaktif dan langsung mengikuti tes swab," ujar Yassin, Selasa (23/6).

Ia mengimbau, pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini, hendaknya para pedagang selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Caranya dengan memakai masker, sarung tangan, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menjaga jarak aman minimal satu meter.

"Setiap kios juga kita terapkan sistem ganjil-genap. Jadi yang punya kios nomor ganjil, masuknya di tanggal ganjil. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona," terangnya.

Setelah tutup hampir tiga bulan lamanya, Pasar Tanah Abang blok A yang merupakan salah satu grosir tekstil terbesar di Asia Tenggara kembali dibuka dengan pengetatan protokol kesehatan. Lima pintu yang tersedia di lobi utama Pintu Timur hanya tiga pintu yang dibuka sebagai akses keluar-masuk.

Dua pintu dibuka sebagai akses masuk di bagian kanan dan kiri untuk mengurai kepadatan orang yang akan masuk. Sebelum masuk pengunjung diminta untuk mengantre dan wajib untuk mencuci tangan di wastafel yang tersedia di pintu-pintu masuk. Sekitar dua hingga tiga wastafel berikut sabun disediakan untuk pengunjung maupun pedagang mencuci tangan.

Selanjutnya usai mencuci tangan pengunjung akan menjalani pengecekan suhu tubuh dan dipastikan pengunjung yang boleh masuk harus bersuhu di bawah 38 derajat celsius. Ganjil-genap toko pun telah diberlakukan dan diikuti oleh para pedagang dengan cukup baik. Selain blok A, Pasar Tanah Abang lainnya Blok B dan F turut dibuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement