Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Kecamatan Tenjo Masih Zona Hijau Covid-19 di Kabupaten Bogor

Senin 22 Jun 2020 23:16 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Kecamatan Tenjo Masih Zona Hijau Covid-19 di Kabupaten Bogor. (ilustrasi).

Kecamatan Tenjo Masih Zona Hijau Covid-19 di Kabupaten Bogor. (ilustrasi).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pemkab Bogor mencatat ada 10 kecamatan yang masuk dalam zona kuning.

REPUBLIKA.CO.ID,TENJO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengungkapkan alasan mengenai adanya satu kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor Jawa Barat, yakni Kecamatan Tenjo yang hingga kini masih berstatus zona hijau atau nihil dari catatan kasus virus corona Covid-19.

"Sampai sekarang masih zona hijau, belum pernah kuning karena ada pasien dengan pengawasan (PDP), apalagi merah karena ada kasus positif," ungkap Camat Tenjo, Asnan saat dihubungi di Bogor, Senin (22/6).

Menurut dia, hal utama yang ditekankan untuk menjadikan wilayahnya tetap hijau yaitu memperketat penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat, khususnya di tempat-tempat yang kerap menjadi pusat keramaian masyarakat.

Padahal, di wilayah sebelah barat Kabupaten Bogor itu terdapat dua stasiun kereta rel listrik (KRL), yakni Stasiun Tenjo dan Stasiun Cilejit yang biasanya menjadi sentra penularan Covid-19.

"Kita koordinasi betul dengan pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI), artinya penumpang yang keluar dari KRL di dua stasiun tersebut harus periksa suhu tubuh dan cuci tangan," beber Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Tenjo itu.

Di samping itu, menurutnya pemeriksaan tes cepat Covid-19 secara massal di wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Banten itu menjadi suatu keharusan di masing-masing puskesmas.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengapresiasi pejabat wilayah yang mampu mempertahankan wilayahnya menjadi zona hijau. Pada Selasa (22/6) malam, tercatat ada dua kecamatan yang berstatus zona hijau, yakni Tenjo dan Tanjungsari. Tapi, Kecamatan Tanjungsari sempat beberapa waktu menjadi zona kuning karena ada salah satu warganya yang berstatus PDP.

Pada periode yang sama, Pemkab Bogor mencatat ada 10 kecamatan yang masuk dalam zona kuning, sedangkan sisanya, yakni 28 kecamatan di Kabupaten Bogor kini berstatus zona merah. "Kami apresiasi, semoga catatan ini menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat di kecamatan zona hijau untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin," kata Ade Yasin.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten Bogor mencatat jumlah positif terinfeksi virus corona Covid-19 di Kabupaten Bogor sebanyak 337 pasien. "Total ada 337 kasus positif Covid-19, 79 orang di antaranya sudah sembuh, dan 17 orang meninggal dunia," tutur Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor itu.

Kemudian, Pemkab Bogor juga mencatat ada sebanyak 1.690 orang dalam pemantauan (ODP), 1.431 di antaranya sudah selesai dipantau, dan 1.905 pasien dalam pengawasan (PDP), 1.345 di antaranya sudah selesai diawasi.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA