Selasa 23 Jun 2020 01:25 WIB

Manfaat Minyak Almond untuk Kesehatan Rambut

Kacang almond selama ini dikenal dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk rambut.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Kacang almond selama ini dikenal dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk rambut (Foto: ilustrasi kacang almond)
Foto: Flickr
Kacang almond selama ini dikenal dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk rambut (Foto: ilustrasi kacang almond)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang almond selama ini dikenal dengan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali rambut. Salah satunya dalam produk minyak, yang selama ini tidak begitu populer untuk mahkota manusia ini.

Banyak yang belum mengetahui bagaimana almond bisa membuat rambut sehat dan indah. Popularitas almond nampaknya kalah dengan argan dan kelapa yang produk minyaknya lebih banyak dipilih untuk perawatan rambut.

Baca Juga

Dilansir Mind Body Green, Selasa (23/6), minyak almond diekstrasi penuh dengan nutrisi mulai dari protein, asam lemak omega-3, vitamin E, magnesium, dan fosfolipid. Ketika diaplikasikan pada rambut, minyak kacang ini membantu menguatkan, melembutkan, melembabkan dan menghaluskan rambut, menjadikannya minyak serba guna dalam rutinitas merawat rambut.

Tidak seperti bahan lainnya, minyak almond mengatasi hampir semua masalah rambut di luar sana. Meski belum banyak penelitian yang dilakukan tentang minyak apa yang menyehatkan rambut, namun, para ahli menganggap bahwa minyak almond menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat dan kuat.

Berikut manfaat secara luas dari minyak almond untuk kesehatan rambut.

Melembabkan dan Jaga Elatisitas Rambut

Apapun jenis rambut yang Anda miliki, minyak almond dapat dipilih sebagai bagian dari rutinitas perawatan karena asam lemak omega di dalamnya mampu mengembalikan kelembaban dan elastisitas pada rambut. Sophia Porter, seorang penata rambut selebriti menggunakan minyak almond sebagai masker setelah terpapar sinar matahari atau menggunakan alat penata rambut yang panas, guna memulihkan dan menyuburkan kondisi rambut.

Melembutkan

Minyak almond juga bertindak sebagai emolien jika digunakan pada rambut dan kulit. Jika Anda tidak terbiasa dengan emolien, tujuan utamanya adalah untuk melembutkan dan menenangkan. Rambut yang lebih lembut adalah dambaan semua orang.

Karena tingginya jumlah vitamin E, minyak almond mengisi nutrisi di batang rambut pada tingkat sel. Ini membantu rambut lembut dan semakin konsisten penggunaan maka semakin baik hasilnya," ujar Porter.

photo
(ilustrasi). - (www.freepik.com)

Atasi Rambut Kusut

Jika rambut Anda kusut dan mengembang, penting untuk merawatnya agar tetap lembab. Kusut dan mengembang adalah kondisi ketika folikel rambut terangkat, yang memungkinkan kelembaban terangkat.

Minyak almond dapat mengunci kelembaban sehingga tidak meresap keluar. Hasilnya, setiap helai rambut terasa lebih halus.

 

Bantu Pertumbuhan Rambut

Shab Reslan, seorang ahli kesehatan rambut di Hair Club mengatakan  minyak almond memiliki semua sifat yang dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Asam lemak omega-3 diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kekurangan magnesium terkait dengan kerontokan rambut pada pria dan wanita.

Ketika minyak almond dioleskan langsung ke kulit kepala, terdapat nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut yang lebih baik. Satu penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak almond ke kulit kepala dapat membantu mengurangi kerontokan.

Atasi Peradangan Kulit Kepala

Apakah Anda mengalami gatal-gatal, kemerahan, atau ketombe di kulit kepala Anda? Jika demikian, oleskan minyak almond ke kulit kepala dan ini akan membantu Anda merasa nyaman.

Minyak almond memiliki sifat anti-inflamasi, membantu mengurangi iritasi kulit kepala dan bahkan meningkatkan sirkulasi darah. Belum lagi, emolien seperti minyak almond sering digunakan untuk membantu menenangkan dan melembutkan kondisi kulit kepala seperti eksim, psoriasis, dan bahkan ketombe.

Siapa yang harus menggunakannya?

Untuk rambut yang halus dan berminyak, Anda sebaiknya menggunakan minyak penghidrasi ini dengan hemat. Porter juga memperingatkan tentang penggunaan minyak almond jika rambut Anda kekurangan protein.

"Karena minyak almond baik untuk menyegel dalam hidrasi, ini tidak membantu bagi orang-orang yang helaiannya kekurangan protein karena ini dapat menyebabkan overhidrasi," jelas Porter. Namun, jika Anda memiliki alergi kacang, minyak almond harus dihindari.

Seperti kebanyakan minyak rambut, cara Anda memasukkannya ke dalam rutinitas rambut Anda tergantung pada jenis rambut dan masalah rambut Anda. Porter menyarankan untuk menggunakannya sebagai perawatan sebelum sampo, dengan mengaplikasikan di ujung atau kulit kepala. Penting untuk mencucinya dengan seksama atau Anda mungkin menemukan rambut yang lepek dan berminyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement