Senin 22 Jun 2020 12:47 WIB

Eks Wasit La Liga Komentari Kemenangan Kontroversial Madrid

Kontroversi lainnya adalah gol Benzema tak lama setelah gol Januzaj yang dianulir.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
real madrid lawan real sociedad
Foto: as.com
real madrid lawan real sociedad

REPUBLIKA.CO.ID, SAN SEBASTIAN — Ada beberapa sorotan dalam kemenangan Real Madrid 2-1 atas Real Sociedad Senin (22/6) dini hari WIB.

Sorotan tersebut di antaranya ketika gol Adnan Januzaj dianulir wasit usai situasi sepak pojok. Gol Januzaj itu sejatinya gol penyama kedudukan 1-1 namun tidak disahkan karena rekannya, Mikel Marino dianggap sudah ada pada posisi offside.

Kontroversi lainnya adalah gol Karim Benzema tak lama setelah gol Januzaj tersebut. Bola dinilai menyentuh tangan Benzema sebelum pemain asal Prancis itu menendang bola dan mencetak gol. Namun setelah wasit melihat VAR, gol tersebut disahkan sehingga Madrid unggul 2-0.

Kontroversi juga terjadi pada hadiah penalti untuk Madrid. Wasit menunjuk titik putih setelah menilai pemain Sociedad melakukan pelanggaran kepada Vinicius Junior. Pembahasan ini membuat pelatih Zinedine Zidane kecewa.

Mantan wasit, Juan Andujar Oliver menilai, keputusan wasit memberikan hadiah penalti kepada Real Madrid adalah keputusan tepat. Menurutnya, terlihat jelas ada kontak antara Vinicus dengan pemain Sociedad di kotak terlarang.

"Meskipun ada banyak contoh kontak seperti itu selama pertandingan, VAR tidak akan mengubahnya karena ada kontak,” jelas Andujar kepada Radio Marca.

Kemudian Andujar juga berkomentar tentang keputusan wasit yang tak mengesahkan gol Januzaj. Menurutnya, wasit telah mengeluarkan keputusan yang tepat. Andujar juga tak melihat Benzema handball sebelum mencetak gol.

"Ini adalah tujuan hukum karena tidak ada handball dalam kontrol," katanya.

Kemenangan ini sangat penting bagi Madrid dalam perburuan gelar La Liga musim ini. Madrid berhasil menggeser Barcelona dari puncak klasemen yang sebelumnya bermain imbang tanpa gol melawa Sevilla. Los Blancos berhak berada di puncak karena unggul head to head atas Barcelona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement