Senin 22 Jun 2020 10:15 WIB

Menjelajahi Isi Snowpiercer, Kereta Terakhir di Bumi

Adaptasi TV 'Snowpiercer' karya Bong Joon-ho tayang di TNT dan Netflix.

Cuplikan film adaptasi TV Snowpiercer yang akan tayang di TNT dan Netflix.
Foto: TNT
Cuplikan film adaptasi TV Snowpiercer yang akan tayang di TNT dan Netflix.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki pertengahan musim, serial Snowpiercer semakin seru untuk diikuti. Jalan ceritanya semakin menarik setelah penonton mendapat kejutan dari Melanie Cavill yang penuh teka-teki.

Snowpiercer bercerita tentang tujuh tahun setelah dunia membeku, di mana kehidupan manusia yang tersisa hanya berada dalam kereta Snowpiecer yang terdiri dari 1.001 gerbong dan terus bergerak mengelilingi dunia menggunakan bahan bakar abadi. Peperangan kelas, kesenjangan sosial, dan politik untuk bertahan hidup adalah tema utama yang diangkat dalam serial adaptasi TV karya Bong Joon-ho ini.

Baca Juga

Snowpiercer yang terdiri dari 1.001 gerbong ini tentu memiliki banyak fungsi dan tempat khusus untuk para penumpangnya. Sebelum mengikuti kisah Snowpiercer selanjutnya, ada baiknya mengenal kelas-kelas penumpang, tipe gerbong serta karakteristik tokoh dalam kereta Snowpiercer, berikut adalah uraiannya.

Kelas penumpang

Kelas satu, terdiri dari para penumpang kaya raya dan borjuis yang mampu membeli tiket kerena Snowpiercer yang sangat mahal. Mereka menempati bagian depan kereta yang penuh kemewahan serta fasilitas-fasilitas yang tidak terdapat di kelas lain.

Kelas dua, berisi sekelompok orang pintar yang mendukung kereta untuk terus beroperasi. Kelas ini merupakan tempat tinggal para kepala departemen, dokter dan eksekutif kereta.

Kelas tiga, berisi para pekerja dan buruh yang melayani kehidupan di kereta tanpa henti. Kelas ini merupakan tempat tinggal para petugas rem, penjaga kereta, teknisi, juru masak, dan petugas kebersihan yang mendukung kemewahan hidup di kelas satu.

Pengekor, berisi para penyelundup yang masuk ke dalam kereta tanpa tiket untuk tetap bertahan hidup. Mereka telah menghabiskan tujuh tahun dalam kegelapan dan terkunci di bagian ekor kereta tanpa makanan dan fasilitas yang layak.

Tipe gerbong

Snowpiercer memiliki 1.001 gerbong yang memanjang. Gerbong-gerbong ini pun terbagi atas beberapa tipe, seperti gerbong mesin yang merupakan jangung dari kereta, tempat di mana para insinyur bekerja untuk mengoperasikan mesin dan menjalankan kereta.

Gerbong kelas, merupakan ruang kelas untuk mendidik para penumpang muda sebagai penerus masa depan di kereta. Gerbong tani, tempat untuk menanam buah-buahan, sayur-sayuran dan juga tanaman lainnya. Snowpiercer bahkan menanam jenis buah stroberi yang langka dan memiliki lima hingga enam kilo kalori yang mengandung gula, serat makanan dan vitamin C.

Selain itu ada gerbong laci, sebuah tempat di mana Mr Wilford menyimpan tahanan kereta selama bertahun-tahun dengan memberikan obat tidur. Gerbong malam, gerbong bertingkat yang menjadi tempat hiburan bagi penumpang kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga. Di gerbong ini penumpang dapat menyaksikan pertunjukan musik, kabaret, bahkan tinju.

Terakhir adalah gerbong ekor atau tempat menampung para pengekor dengan fasilitas yang sangat tidak layak. Tidak ada jendela satu pun di tempat ini sehingga pada penumpang tidak bisa lihat sinar matahari.

Karakter Snowpiercer

Penumpang di kereta ini memiliki berbagai karakter dan kepentingan, di antaranya adalah Andre Layton (Daveed Diggs), pemimpin revolusioner bagi para pengekor. Sebagai satu-satunya detektif pembunuhan, Layton ditunjuk oleh Mr Wilford untuk memecahkan misteri pembunuhan berantai yang menggegerkan.

Melanie Cavill (Jennifer Connelly), kepala tim penjamuan Snowpiercer dan juga seorang insinyur hebat dan memegang kekuasaan politik serta akses langsung ke Mr Wilford. Josue Wellstead (Katie McGuinness), seorang pengekor yang menjadi orang kepercayaan Layton serta ibu asuh dari Miles.

Ada juga Bennett "Ben" Knox (Iddo Goldberg), seorang insinyur yang mengetahui sistem operasi Snowpiercer dari ujung ke ujung, Sam Roche (Mike O'Malley), ketua petugas rem yang memilih tidak terlibat dalam politik kereta, serta Bess Till (Mickey Sumner), anggota petugas rem yang cerdas dan penuh empati.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement