Senin 22 Jun 2020 09:32 WIB

Ford Tambahkan Fitur Hand Free ke Fitur Co Pilot360

Fitur memungkinkan pengendara lebih rileks ketika berada di jalan rata.

Mustang Mach-E kelir orange.
Foto: motor trend
Mustang Mach-E kelir orange.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil AS, Ford, menambahkan fitur hand-free ke teknologi bantuan pengemudi Co-Pilot360. Fitur ini memungkinkan pengendara mobil Ford melepaskan tangannya dari roda kemudi dan lebih rileks di jalan raya.

"Tekanan dari jalan raya yang panjang tetap menjadi masalah besar bagi pengemudi di seluruh dunia," kata Hau Thai-Tang, kepala pengembangan dan pembelian produk Ford, dikutip Senin (22/6).

Baca Juga

Active Drive Assist adalah evolusi selanjutnya dari Intelligent Adaptive Cruise Control dengan Lane Centering dari Ford. Active Drive Assist menambahkan Mode Hands-Free Ford pertama untuk Ford dengan potensi peningkatan lebih banyak di masa depan.

Kamera dengan inframerah akan melacak pandangan mata dan posisi kepala. Gunanya adalah untuk memastikan pengemudi memperhatikan jalan saat berada dalam Mode Hands-Free serta Mode Centering Lane. Kamera bekerja di jalan mana pun dengan garis jalur.

Pengemudi akan diberi tahu oleh petunjuk visual pada kluster instrumen mereka ketika mereka perlu mengembalikan perhatian mereka ke jalan atau melanjutkan kontrol kendaraan.

Active Drive Assist mulai diluncurkan pada kendaraan model tahun 2021 terpilih dan akan tersedia di jajaran Mustang Mach-E. Bagi para pelanggan di antara yang pertama memesan Mustang Mach-E, perangkat keras Active Drive Assist akan tersedia sebagai bagian dari Paket Persiapan Ford Co-Pilot360 Active 2.0 pada saat pembelian.

Ford berencana untuk memberi pelanggan yang membeli paket persiapan kesempatan untuk membeli perangkat lunak Active Drive Assist dan menerima fitur di diler Ford atau melalui pembaruan over-the-air yang tersedia pada kuartal ketiga tahun 2021.2

Paket Persiapan Co-Pilot360 Active 2.0 Ford juga mencakup Active Park Assist 2.0. Ini adalah iterasi terbaru dari teknologi park-assist untuk memberi pengemudi ketenangan pikiran saat memarkir Mustang Mach-E mereka.

Dengan Active Park Assist 2.0, cukup menahan tombol akan memungkinkan kendaraan mengendalikan parkir secara paralel dan tegak lurus dengan mudah.

Ini juga menawarkan Park Out Assist dengan kemampuan pengindraan sehingga pengemudi dapat dengan percaya diri menavigasi keluar dari tempat parkir ketika seseorang parkir terlalu dekat.

Paket standar Ford Co-Pilot360 2.0 Mustang Mach-E mencakup dua perangkat tambahan untuk Sistem Lane-Keeping Ford: Deteksi Tepi Jalan dan Bantuan Blind Spot.

Deteksi Tepi Jalan dapat meningkatkan kepercayaan mengemudi di daerah pedesaan dengan merasakan tepi jalur dengan garis yang terlihat atau jalan dengan tepi berumput atau tanah.

Teknologi ini kemudian dapat memperingatkan pengemudi jika kendaraan mulai keluar dari badan jalan. Blind Spot Assist mengidentifikasi kendaraan di titik blind dengan cahaya di kaca spion samping.

Fitur baru Co-Pilot360 itu melengkapi fitur-fitur keamanan lainnya seperti Sistem Lane-Keeping yang diperbarui, Headlamps Auto High-Beam, Sistem Informasi Blind Spot dengan Peringatan Lalu Lintas, Bantuan Pra-Tabrakan dengan Pengereman Darurat Otomatis, Pengereman Pasca-Tabrakan, Kamera Tampak Belakang, Bantuan Rem Belakang dan Sistem Sensing Terbalik sebagai teknologi pada paket standar Mustang Mach-E Ford Co-Pilot360 2.0.

Teknologi ini membutuhkan pengaktifan kembali pengemudi setelah kendaraan dihentikan selama tiga detik, namun sekarang batas waktu ditambah menjadi 30 detik. Fitur bantuan pengemudi bersifat tambahan dan tidak menggantikan perhatian, penilaian, dan kebutuhan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement