Senin 22 Jun 2020 06:43 WIB

KKP Dorong Pengembangan Produk Hasil Riset dan Inovasi

Salah satu produk unggulan BRPI adalah ikan gurami hibrida

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Hiru Muhammad
Nelayan mengangkat hasil tangkapan ikannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Be
Foto: ANTARA/ABRIAWAN ABHE
Nelayan mengangkat hasil tangkapan ikannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Be

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) terus mengembangkan produk hasil riset dan inovasi yang bersifat potensial guna meningkatkan hilirisasi riset untuk kesejahteraan masyarakat. BRPI merupakan salah satu unit kerja teknis di bawah Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP yang berlokasi di Sukamandi, Subang, Jawa Barat.

Kepala BRPI Joni Haryadi mengatakan salah satu produk unggulan dari BRPI yang potensial meningkatkan produksi ikan gurami di Kabupaten Banyumas (sentra utama produsen gurami) adalah ikan gurame hibrida unggul hasil persilangan ikan gurami betina Majalengka dan gurami jantan Jambi.

Terkait hal tersebut, BRPI menyerahkan benih ikan gurami Hibrida Unggul kepada Pokdakan Mina Usaha Desa Karangsalam Kidul, Purwokerto, Banyumas. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kolaborasi BRPI dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dalam pengembangan Desa Inovasi Gurami Unggul Hasil Pemuliaan, sejak Maret 2020.

“Pengiriman ikan gurami hibrida unggul sebanyak 500 ekor dengan rerata bobot 150 gram per ekor ini merupakan tahap awal untuk riset pengembangan di Banyumas berbasis produk ikan gurami unggul untuk mendorong terwujudnya kawasan atau desa gurami hibrida unggul di Kabupaten Banyumas," ujar Joni dalam siaran pers Ahad (21/6).

Kegiatan serah terima benih ikan gurami Hibrida Unggul diwakili teknisi gurame BRPI dengan Kusnan sebagai ketua Pokdakan dan disaksikan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas.

Kehadiran ikan gurami Hibrida Unggul hasil pemuliaan di Banyumas diharapkan mampu berkontribusi secara nyata dalam pengembangan ikan gurami unggul di masyarakat, dengan mempersingkat waktu pemeliharaan budidaya ikan gurami dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara ekonomi seiring bertambahnya income yang didapatkan.

Koordinator Penelitian Pemuliaan komoditas Ikan Gurami BRPI Sularto menyampaikan observasi kegiatan dan pendampingan teknologi serta konsultasi pembudidaya ikan gurami Hibrida Unggul di Banyumas akan dilakukan secara daring serta pendampingan langsung dari penyuluh perikanan sehingga dapat terpantau perkembangannya dengan tetap mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

"BRPI berupaya berkontribusi secara nyata dalam penanganan dampak pandemi ini dengan tetap menjaga prinsip-prinsip pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19," kata Sularto.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement