Senin 22 Jun 2020 05:25 WIB

Bungkam Sociedad, Real Madrid Geser Barca di Puncak Klasemen

Gol gelandang Sociedad, Adnan Januzaj, pada menit ke-68 dianulir wasit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Real Madrid Karim Benzema melakukan selebrasi seusai mencetak gol.
Foto: Dok. AP
Striker Real Madrid Karim Benzema melakukan selebrasi seusai mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN SEBASTIAN -- Real Madrid akhirnya berhasil menggeser seteru abadinya, Barcelona, di puncak klasemen sementara setelah memetik kemenangan di kandang Real Sociedad pada jornada ke-30 La Liga Spanyol, Senin (22/16) dini hari WIB. Dalam laga yang digelar di Stadion Anoeta tersebut, Madrid membukukan kemenangan lewat gol Sergio Ramos dan Karim Benzema. Sementara itu, tim tuan rumah sempat membalas lewat torehan Mikel Merino.

Tambahan tiga angka dalam laga ini mengantarkan Madrid ke puncak klasemen sementara La Liga. Meski memiliki poin yang sama dengan Barcelona, 62 poin dari 30 partai, Madrid unggul head to head lewat kemenangan 2-0 atas Barcelona pada paruh kedua musim ini, awal Maret lalu. Dalam laga pada jornada ke-30 lainnya, Barcelona ditahan imbang Sevilla 0-0, Sabtu (20/6) dini hari WIB.

Real Madrid langsung membuka laga dengan sebuah peluang emas dari Vinicius Junior pada menit keempat. Winger asal Brasil itu melepaskan tembakan keras setelah mendapatkan umpan terobosan dari Federico Valverde. Namun, bola hasil tendangan Vicinius itu masih melambung di atas mistar gawang.

Kendati begitu, tuan rumah bukan tanpa perlawanan. Pada menit ke-18, Martin Odergaard sempat melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Mikel Oyarzabal. Bola hasil tendangan pemain pinjaman dari Madrid itu belum menemui bidang sasaran dan masih melambung.

Selepas colling break, Madrid kembali mampu mengancam gawang tim tuan rumah, tepatnya pada menit ke-31. Penyerang asal Prancis, Karim Benzema, melepaskan sepakan dengan kaki kiri dari sudut sempit. Namun, kiper Sociedad, Alex Remiro, masih sigap dan mampu menghalau bola hasil tendangan Benzema tersebut.

Upaya Madrid untuk membuka keunggulan dalam laga ini belum berhenti. Satu menit menjelang berakhirnya babak pertama, Vinicius kembali mendapatkan peluang emas. Winger berusia 19 tahun itu berhasil merangsek ke jantung pertahanan Sociedad. Namun, seperti halnya peluang Benzema, sepakan Vinicius masih bisa dihalau oleh Remiro. Peluang pemilik nomor 25 itu sekaligus menutup laga babak pertama di Stadion Anoeta tersebut.

Pada awal babak kedua, Vinicius kembali merepotkan pertahanan Sociedad. Puncaknya, aksi solo run mantan winger Flamengo itu berujung hadiah penalti untuk Los Blancos. Vinicius dijatuhkan Diego Llorente di dalam kotak penalti. Wasit pun langsung menunjuk titik putih pada menit ke-50. Meski sempat melakukan review VAR, wasit tetap memberikan tendangan penalti untuk Madrid.

Kapten Madrid, Sergio Ramos, yang dipercaya menjadi eksekutor tendangan penalti tersebut dengan mudah mengelabui Remiro. Bek timnas Spanyol itu mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang Sociedad tanpa bisa dibaca oleh Remiro.

Sebenarnya, Sociedad mampu membalas lewat gol Adnan Januzaj pada menit ke-68. Januzaj melepaskan tendangan dari luar kotak penalti ke arah kanan bawah gawang Madrid. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Mikel Merino dianggap telah berdiri dalam posisi offside. Padahal, Merino tidak terlibat langsung dalam proses terjadinya gol tersebut.

Pada menit ke-70, giliran Madrid yang mampu menggandakan keunggulan. Setelah menerima umpan lambung dari Valverde, Benzema melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti tanpa mampu dihalau oleh Remiro. Gol ini sempat mendapatkan protes dari para pemain Sociedad karena Benzema dianggap melakukan handball saat menerima bola dari Valverde. Namun, wasit tetap mengesahkan gol Benzema tersebut.

Tidak mau kehilangan peluang untuk terus bersaing dalam perebutan posisi empat besar, Soceidad akhirnya mulai bangkit dan mencoba mengembangka permainan. Hasilnya, pada menit ke-83, tim tuan rumah berhasil menggetarkan jala gawang Los Blancos. Adalah gelandang Sociedad, Mikel Merino, yang menaklukkan kiper Madrid, Thibaut Courtois, lewat sepakan dari sisi kiri kotak penalti Madrid.

Akhirnya, setelah masa injury time selama enam menit, tidak ada gol yang tambahan yang tercipta di Stadion Anoeta. Madrid pun berhak menempati peringkat teratas klasemen sementara dan menggeser sang juara bertahan, Barcelona. Sementara itu, Sociedad harus puas tercecer ke peringkat keenam karena mengoleksi 47 poin dari 30 laga. Mereka terpaut lima poin dari peringkat keempat, Sevilla.

Susunan Pemain:

Real Sociedad (4-2-3-1)

Pelatih: Imanol Alguacil

Kiper: Remiro

Belakang: Monreal, Le Normand, Llorente, Gorosabel

Tengah: Merino, Zulbedia; Oyarzabal, Odegaard, Portu

Depan: Isak

Real Madrid (4-3-3)

Pelatih: Zinedine Zidane

Kiper: Courtois

Belakang: Marcelo, Ramos, Varane, Carvajal

Tengah: Kroos, Casemiro, Valverde

Depan: Vinicius, Benzema, James

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement