Ahad 21 Jun 2020 23:00 WIB

Mengamati Gerhana Matahari Sebagian di Penjuru Tanah Air

.

Red: Yogi Ardhi

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar melakukan pantauan fenomena gerhana matahari sebagian di Desa Aeng Batu-Batu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Ahad (21/6/2020). Fenomena gerhana matahari sebagian yang terlihat di sejumlah wilayah Sulsel dengan ukuran magnitudo mencapai 0,255 tersebut berlangsung rata-rata selama satu jam lima puluh empat menit (FOTO : ANTARA/Abriawan Abhe)

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar melakukan pantauan fenomena gerhana matahari sebagian melalui monitor di Desa Aeng Batu-Batu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Ahad (21/6/2020). Fenomena gerhana matahari sebagian yang terlihat di sejumlah wilayah Sulsel dengan ukuran magnitudo mencapai 0,255 tersebut berlangsung rata-rata selama satu jam lima puluh empat menit (FOTO : ANTARA /Abriawan Abhe)

Petugas Kementerian Agama Aceh melakukan pemantauan gerhana matahari sebagian di Banda Aceh, Aceh, Ahad (21/6/2020). Awal kontak gerhana di wilayah Aceh terjadi pukul 13 (FOTO : ANTARA/Irwansyah Putra)

Sejumlah mahasiswi Ilmu Falak Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) sebagian dengan mengunakan kaca mata Solar eclipse glasses di Lhokseumawe, Aceh, Ahad (21/6/2020). Masyarakat di Aceh berkesempatan menyaksikan GMC parsial atau sebagian yang merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi yang tampak 10 persen (FOTO : ANTARA/RAHMAD)

Petugas Observatorium Ilmu Falak Institut Agama Islam Negeri (IAIN) mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) sebagian dengan mengunakan teleskop Live streeming di Lhokseumawe, Aceh, Ahad (21/6/2020). Masyarakat di Aceh berkesempatan menyaksikan GMC parsial atau sebagian yang merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi yang tampak 10 persen (FOTO : ANTARA /RAHMAD)

Staf pengajar mengamati matahari saat terjadi gerhana sebagian di Observatorium Jokotole IAIN Madura, Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (21/6/2020). Gerhana matahari sebagian yang dimulai sekitar pukul 13 (FOTO : ANTARA/SAIFUL BAHRI)

Mahasiswi mengamati matahari saat terjadi gerhana sebagian di Observatorium Jokotole IAIN Madura, Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (21/6/2020). Gerhana matahari sebagian yang dimulai sekitar pukul 13 (FOTO : ANTARA/SAIFUL BAHRI)

Warga menggunakan kacamata pelindung saat menyaksikan proses awal gerhana matahari cincin di pelataran Masjid Sumatera Barat, Padang, Minggu (21/6/2020). Gerhana matahari cincin tidak terlihat di Kota Padang karena terkendala oleh cuaca (FOTO : Muhammad Arif Pribadi/ANTARA FOTO)

Seorang warga menggunakan hasil foto rontgen untuk mengamati proses terjadinya Gerhana Matahari Sebagian yang terlihat di Pekanbaru, Riau, Minggu (21/6/2020). Di Provinsi Riau Gerhana Matahari Sebagian ini dapat diamati dari mulai pukul 13 (FOTO : Rony Muharrman/ANTARA FOTO)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerhana matahari selalu menarik untuk disaksikan. Baik oleh masyarakat awam apatah lagi oleh kalangan akademisi. Fenomena gerhana matahari cincin yang berada tampak sebagian dari wilayah Indonesia pun menjadi objek pengamatan menarik. Berikut berbagai foto pengamatan gerhana dari berbagai tempat di Tanah Air. 

sumber : Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement