Ahad 21 Jun 2020 20:29 WIB

Empat Perawat di RSUD Aceh Terpapar Corona

Perawat tersebut terpapar pasien yang meninggal beberapa hari lalu.

Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Umarul Faruq
Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Empat perawat bertugas di ruangan respiratory intensive care unit (RICU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh terkonfirmasi positif Covid-19. Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azharuddin, Ahad, di Banda Aceh membenarkan virus Corona yang menyerang petugas medis tersebut.

"Iya benar ada perawat positif Covid-19. Terpapar dari pasien yang meninggal lima hari yang lalu," katanya.

Baca Juga

Empat petugas medis yang positif virus Corona yaitu dua petugas laki-laki berinisial M, 32 tahun, dan H, 40 tahun, serta dua perawat perempuan berinisial DE, 29 tahun, dan HY, 36 tahun. Ia menjelaskan hasil pemeriksaan sampel usap (swab) petugas medis yang positif Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR) tersebut diketahui pada Sabtu (20/6) malam.

Namun, Azharuddin belum menyebutkan jumlah petugas medis yang dilakukan uji sampel usap dengan metode PCR sejak beberapa waktu lalu. "Tadi malam hasilnya keluar, sebanyak yang terpapar. Saya tidak tahu persis berapa yang diperiksa, karena semua sesuai SOP (standar operasional prosedur)," kata Azharuddin.

Sebelumnya, lima hari yang lalu seorang pasien positif COVID-19 berinisial Suk, 63 tahun, meninggal dunia. Sebelum meninggal di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, warga asal Brandan Barat, Sumatra Utara itu sempat dirawat di rumah Rumah Sakit Pertamedika Banda Aceh, dengan keluhan penyakit penyerta seperti pneumonia dan diabetes mellitus.

Secara kumulatif, Aceh melaporkan 43 kasus positif Covid-19 dengan rincian 20 telah sembuh, dua meninggal dunia, dan 21 pasien masih mendapat penanganan di sejumlah rumah sakit rujukan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement