Ahad 21 Jun 2020 19:11 WIB

Kompetisi Matematika Daring Internasional Segera Digelar

I-EMC ini terbuka untuk pelajar dari seluruh dunia.

Matematika
Foto: flickr.com
Matematika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama periode pandemi Covid-19 ini, siswa diminta untuk belajar dari rumah. Hal ini membuat guru sulit memotivasi siswa dalam belajar. Selain itu, banyak kompetisi matematika dan sains menghadapi penundaan atau bahkan pembatalan.

Melihat fenomena seperti itu, Eduversal berencana menggelar kompetisi Matematika daring tingkat internasional.

"Tahun ini kami berencana untuk sekali lagi meningkatkan kompetisi matematika kami ke panggung internasional dan mengadakan Kompetisi Matematika online internasional. Nama acara ini adalah International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC)," kata ujar Presiden Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo, dalam siaran persnya, Ahad (21/6).

Kompetisi ini akan diadakan secara daring pada 11 Juli 2020 dan ini merupakan kompetisi yang pertama kali diadakan di Indonesia. Peserta dapat bersaing dalam dua level yang berbeda, Level Junior untuk pelajar yang berusia di bawah 14 tahun, dan Level Senior untuk yang berusia rentang 14 sampai 17 tahun.

"Selama 12 tahun Kami telah menyelenggarakan kompetisi matematika nasional. Ribuan siswa Indonesia telah mengikuti kompetisi ini. Versi terbarunya adalah Eduversal Mathematics Competition (EMC) dimana kami mulai menyelenggarakannya secara online pada tahun 2019 kemarin," ujar Dwi.

I-EMC ini terbuka untuk pelajar dengan kategori tersebut dari seluruh dunia untuk menguji kemampuan matematikanya di tingkat Internasional. 

"Sudah lebih dari 50 negara kita undang untuk mengikuti kompetisi bergengsi ini dan sudah direspons dengan baik oleh beberapa negara di antaranya Inggris, Amerika, dan Brasil. Kompetisi ini akan diselenggarakan dalam tiga bahasa yaitu Inggris, Indonesia, dan Rusia.

Adapun untuk jadwal pelaksanaannya adalah sebagai berikut: Pendaftaran  8-30 Juni 2020, Tryout 4 Juli 2020, Kompetisi 11 Juli 2020, dan Pengumuman  18 Juli 2020. Eduversal pun menyediakan hadiah menarik untuk para juara kompetisi I-EMC ini, diantaranya adalah IPad Generasi 7 (juara 1), Samsung Galaxy Tab A 2019 10.1 (juara 2), dan All new Kindle Paperwhite 2020 (juara 3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement