Senin 22 Jun 2020 00:25 WIB

Dilelang, Gitar Kurt Cobain MTV Unplugged Laku Rp 85,4 M

Lelang gitar Kurt Cobain edisi MTV Unplugged ini diikuti oleh tujug orang.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nidia Zuraya
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993.
Foto: Time.com
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Gitar milik Kurt Cobain dari pertunjukan ikonik Nirvana, MTV Unplugged, dijual di pelelangan dengan rekor 6 juta dolar AS atau senilai Rp 85,4 miliar pada Sabtu (20/6). Rekor lelang sebelumnya dipegang David Gilmour dari Pink Floyd untuk gitar Black Stratocaster seharga 3,95 juta dolar AS atau senilai Rp 56,2 miliar.

Dilansir di Rolling Stone, tawaran lelang gitar jenis Martin D-18E 1959 ini dilakukan oleh tujuh orang. Menurut situs lelang Julien's Auction, harga lelang termurah berada di angka 1 juta dolar AS hingga  6,010 juta dolar AS. Pemenang lelang adalah Peter Freedman, pemilik studio rekaman RODE Microphones.

Baca Juga

Gitar itu dibeli Kurt Cobain di Voltage Guitars di Los Angeles. Gitar tersebut kemudian dimodifikasi agar sesuai dengan Cobain yang kidal.

Selain gitar, Freedman juga mendapatkan tas gitas aslinya. Tas ini telah didekorasi Cobain dengan pamflet band Poison Idea's untuk album Feel the Darkness pada 1990.

Di dalam tas itu juga ada sebungkus senar gitar Martin yang sudah setengah digunakan, tiga pick gitar , dan sebuah kantung penyimpanan suede yang didekorasi dengan sendok perak kecil, garpu, dan pisau.

"Gitar penting ini telah mendapatkan tempat yang tepat dalam sejarah rock & roll sebagai instrumen yang dimainkan oleh salah satu musisi dan ikon rock paling berpengaruh di salah satu pertunjukan live terbesar dan paling berkesan sepanjang masa," ujar presiden dan CEO dari rumah lelang, Darren Julien, dikutip di Rolling Stone, Ahad (21/6).

Beberapa barang lain yang digunakan Nirvana di MTV Unplugged juga dilelang. Termasuk lembaran lirik tulisan tangan Curt Kirkwood ke Meat Puppets Oh, Me, setlist yang diketik dari pertunjukan legendaris, lirik yang diketik untuk David Bowie The Man Who Sold the World dan Meat Puppets World of Fire.

Selain itu, ada juga sepucuk surat kepada Cobain dari manajemen yang ditulis sembilan hari sebelum pertunjukan Unplugged yang berisi daftar lagu potensial yang rencananya akan ditampilkan.

Sebelumnya pada Oktober 2019, cardigan yang dipakai Cobain pada konser itu laku 334 ribu dolar AS atau lebih dari Rp 4,7 miliar. Ini menjadikan lelang sweater yang paling mahal dari yang pernah ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement