Sabtu 20 Jun 2020 23:55 WIB

Positif Covid-19 di NTT Bertambah Tiga Orang

Jumlah pasien positif Covid-19 di NTT mencapai 111 kasus.

Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengatakan terjadi penambahan tiga orang terkonfirmasi positif virus corona jenis baru (Covid-19) di daerah itu.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab (tes usap) ditemukan ada tiga kasus baru positif Covid-19 di dua kabupaten di NTT. Salah satunya ditemukan di Kabupaten Sumba Barat Daya yang sebelumnya merupakan daerah zona hijau dari Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur Dominikus Minggu Mere di Kupang, Sabtu (20/6).

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 96 spesimen usap tenggorokan yang diperiksa di laboratorium biologi molekuler PCR RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang pada Sabtu (20/6/2020) ditemukan tiga spesimen yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebanyak tiga kasus positif Covid-19 itu tersebar di dua kabupaten di Pulau Sumba, yaitu Kabupaten Sumba Timur dua orang merupakan kasus transmisi lokal, sedangkan di Kabupaten Sumba Barat Daya satu kasus Covid-19 berasal dari luar daerah tersebut.

Dominikus yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT itu, mengatakan dengan adanya penambahan tiga kasus baru positif Covid-19, maka jumlah pasien positif Covid-19 di NTT mencapai 111 kasus, sedangkan sebelumnya 108 kasus.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT, ada 70 di antara 111 pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, sedangkan 40 lainnya dalam perawatan medis dan satu orang meninggal dunia.

Dominikus menambahkan dengan ditemukan satu kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Barat Daya maka sudah 11 di antara 22 kabupaten/kota di NTT terpapar kasus positif Covid-19.

"Ada satu kabupaten yang semua pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh, yaitu Kabupaten Rote Ndao. Dua pasien Covid-19 di daerah itu yang sudah sembuh," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement