Sabtu 20 Jun 2020 20:09 WIB

McManaman Sebut Derbi Merseyside Laga Paling Spesial

Pada era 1980-an, Liverpool dan Everton mendominasi Stadion Wembley.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Eks gelandang Liverpool Steve McManaman
Foto: mirror.co.uk
Eks gelandang Liverpool Steve McManaman

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Derbi Merseyside ke-236 antara Liverpool dan Everton, akan digelar di Goodison Park akhir pekan ini, menandai kembalinya kedua klub bertanding setelah tiga bulan absen karena pandemi corona. McManaman, yang tumbuh bersama Everton sebelum menjadi pemain the Reds, telah jatuh cinta, kadang terluka, dari kenangan 16 penampilannya dalam derby itu antara 1990 dan 1999.

"Satu dari derbi pertama saya saat masih remaja di Anfield dan kami menang, Growler (Robbie Fowler) mencetak gol," kata McManaman, dikutip dari laman resmi Liverpool, Sabtu (20/6).

Baca Juga

Ia mengatakan, pada era 1980-an, Liverpool dan Everton mendominasi Stadion Wembley. McManaman menyebut derbi Merseyside adalah pertandingan spesial dalam kariernya. Bukan hanya karena pemain Liverpool tetapi juga sebagai fan Everton, sampai-sampai dirinya tahu semua pemain yang tampil.

"Itu pertandingan paling spesial bagi saya. Saya (selalu) tak sabar menantinya," kata McManaman.

Pertemuan Everton dan Liverpool ini tentu akan berlangsung dalam kondisi yang unik, yaitu tanpa penonton. McManaman mengatakan, laga ini akan berlangsung sulit bagi semua pihak. Ia menilai hal yang menarik dalam derbi ini adalah bisa menyaksikan pemain saling berteriak satu sama lain dalam pertandingan.

Normalnya, akan selalu ada 40 ribu fan Everton dan tiga ribuan fan Liverpool di Goodison Park. Meskipun, bagi Everton pertandingan tetap akan terasa seperti laga tandang. "Semua gairah akan tertarik dalam sekejap dan itu hanya akan menjadi (pertandingan) 11 vs 11," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement