Sabtu 20 Jun 2020 18:20 WIB

Jubir: Tidak Perlu Ajak Anak dan Lansia ke Mal

Masyarakat diminta ke luar rumah seperlunya.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pengunjung berjalan di kawasan Mal. Ilustrasi
Foto: ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA
Pengunjung berjalan di kawasan Mal. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta masyarakat tidak membawa anak-anak maupun orang lanjut usia ke pusat perbelanjaan atau mal maupun tempat keramaian. Saat ini, mal dan beberapa tempat wisata mulai kembali dibuka dengan protokol kesehatan.

"Tidak perlu kita ajak anak kita yang masih balita untuk mendatangi pusat-pusat perbelanjaan. Tidak perlu mengajak orang-orang tua yang memiliki risiko penyakit lainnya untuk menuju ke keramaian, cukup kita," ujar Yurianto saat konferensi pers daring, Sabtu (20/6).

Yurianto menekankan, diperbolehkannya aktivitas di luar rumah tidak disambut secara euforia karena selama ini menahan diri di rumah saja. Ia meminta agar masyarakat ke luar rumah seperlunya.

Menurut dia, masyarakat bepergian hanya untuk melakukan kegiatan produktif yang tidak dapat dilakukan dari rumah. Ia mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Sepenuhnya kita sadari bahwa kita menggunakan masker untuk mengamankan diri kita sendiri," tutur dia.

Bahkan, ia mengimbau masyarakat segera membersihkan badan setelah beraktivitas di luar rumah sebelum berinteraksi dengan keluarga di rumah. Hal itu dinilai sebagai upaya mencegah penularan virus corona yang mungkin di bawa dari luar rumah.

"Setelah sampai rumah segera membersihkan badan. Segera ganti baju, segera bersihkan peralatan yang kita bawa dari luar, sebelum berinteraksi dengan keluarga di rumah," kata dia.

Apalagi, kata dia, masyarakat harus lebih hati-hati apabila ada orang lanjut usia di rumah yang memiliki penyakit karena lebih rentan terhadap penularan virus corona. Tak ada seorang pun yang tahu saat dirinya terpapar virus corona.

Yurianto memohon setiap anggota keluarga mengedukasi, mengajarkan, dan memberikan contoh protokol tersebut kepada anggota keluarga lainnya. Hal-hal yang harus dilakukan sebelum memasuki rumah setelah berkegiatan di luar perlu menjadi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

"Kita bepergian melaksanakan aktivitas di luar rumah karena memang kita harus produktif, jalankan protokol ini dengan baik. Jangan pulang membawa penyakit," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement