Sabtu 20 Jun 2020 16:56 WIB

Nugie Harap Bersepeda Bukan Hanya Tren Sesaat

Nugie menyambut baik tingginya minat masyarakat bersepeda belakangan ini.

Warga berolahraga pagi dengan mengayuh sepeda. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Warga berolahraga pagi dengan mengayuh sepeda. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi sekaligus aktivis lingkungan hidup, Nugie menyambut baik tingginya minat masyarakat untuk bersepeda dalam beberapa hari belakangan ini. Namun, ia berharap, ini tak hanya sekedar tren sesaat yang kemudian perlahan memudar.

"Cuma sekali lagi kata tren itu bisa kapan saja pudar. Ya, semoga itu menjadi panggilan terakhirlah untuk orang mau bergerak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi," kata adik Katon Bagaskara ini kepada Antara, Sabtu (20/6).

Nugie yang telah aktif menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari sejak 2009 itu, merasakan perbedaan besar mengenai minat masyarakat untuk bersepeda terutama di masa pandemi saat ini.

"Terakhir ini banyak sekali yang main sepeda. Bahkan teman saya yang tadinya enggak nanyain, jadi nanyain tentang sepeda segala macam, beli di mana. Saya sih senang ya cuma itu tadi semoga enggak jadi sekadar tren yang lewat," ujarnya.

Sebagai pesepeda, Nugie juga mengingatkan untuk tetap waspada di jalan dan menggunakan standar peralatan yang dibutuhkan.

Terkait masalah infrastruktur bagi para pengguna sepeda, Nugie mengaku tak terlalu berharap. Dia menyadari, infrastruktur bagi pesepeda belum menjadi prioritas utama di kota besar seperti Jakarta.

"Kalaupun ada fasilitas terima kasih, tapi kalau enggak ada tinggal kita pilih karena di infrastruktur kita memang belum melihat itu sebagai alternatif transportasi," terangnya.

Nugie yakin dengan seiring tingginya minat masyarakat untuk bersepeda dan menjadikannya sebagai alat transportasi dengan sendirinya infrastruktur akan tersedia.

"Tapi buat saya kalau kita niat pasti bisa untuk menjalankan sepeda sebagai transportasi biar nanti fasilitas mengikuti demand dari orang yang sudah banyak bukan hanya sekedar tren," sambung Nugie.

"Enggak mungkin fasilitas dibangun hanya sekadar tren. Sayang sih duitnya kalau cuma sekadar tren dibangun. Jadi memang udah kebutuhan," imbuhnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement