Jumat 19 Jun 2020 22:47 WIB

ASN Banyumas Mulai Terapkan Berangkat Kerja Bersepeda

Beranglat kerja naik sepeda demi kesehatan dan mengurangi polusi.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja merakit sepeda pesanan pembeli. ilustrasi
Foto: MUHAMMAD IQBAL/ANTARA FOTO
Pekerja merakit sepeda pesanan pembeli. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWOKERTO -- Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Setda Banyumas mulai melaksanakan himbauan Bupati untuk berangkat kerja dengan menggunakan sepada pada Jumat (19/6). Hampir seluruh ASN yang bekerja di lingkungan Setda Banyumas, berangkat kerja dengan menggunakan sepeda.

Tempat parkir yang sebelumnya dipenuhi sepeda motor dan mobil, dipenuhi dengan sepeda ASN. Untuk memberi contoh para ASN, Bupati Banyumas Achmad Husein juga berangkat kerja dari rumah pribadinya di Perumahan Graha Satria Sumampir dengan menggunakan sepeda onthel.

Baca Juga

Bupati dengan didampingi beberapa ASN, menggunakan sepeda sejauh sekitar 4-5 km untuk sampai ke kantor Bupati. ''Saya bersepeda ke kantor untuk memberi contoh ASN lainnya. Saya yang memberi inisiatif, masa saya masih tidur,'' katanya.

Dia menyatakan, imbauan agar pada ASN menggunakan sepeda saat berangkat kerja, tidak hanya berlaku pada hari Jumat. Namun juga di hari-hari lain.

''Hari ini merupakan hari perdana pelaksanaan imbauan agar ASN di Pemkab Banyumas berangkat kantor dengan bersepeda,'' katanya.

Namun ke depan, Bupati mengaku akan mengevaluasi imbauan ini. ''Nanti akan kita evaluasi. Kalau ternyata banyak ASN yang mengikuti dan bermanfaat bagi kesehatan, maka imbauan ini terus dilanjutkan,'' katanya.

Sekda Banyumas Wahyu Budi Saptono, mengatakan imbauan agar para ASN berangkat kerja dengan bersepeda, bukan hanya untuk menjaga kebugaran para ASN. Lebih dari itu, juga dapat memberi andil pada kondisi lingkungan yang lebih baik, karena semakin berkurangnya asap kendaraan bermotor.

''Dengan banyak orang yang bersepeda, polusi udara akibat asap kendaraan bermotor akan terkurangi. Hal ini secara tidak langsung tentu akan makin menyehatkan masyarakat di Banyumas,'' katanya.

Dia mengaku, pada hari pertama imbauan ASN bersepeda, mungkin akan banyak yang mengeluh tubuhnya sakit pegal karena tidak terbiasa. Namun dia meyakinkan, kalau sudah terbiasa maka tidak akan terasa sakit lagi.

''Justru akan semakin sehat,'' katanya.

Midin salah satu ASN di Bagian Umum Setda Kabupaten Banyumas, mengaku pahanya terasa pegal karena berangkat kerja menggunakan sepeda. Hal ini karena jarak rumah dan kantornya cukup jauh, mencapai 6 km.

''Tapi mungkin ini karena baru pertama kali bersepeda dengan jarak cukup jauh. Saya kira kalau sudah terbiasa, tidak akan sakit lagi,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement