Jumat 19 Jun 2020 20:28 WIB

Ini Tahapan Persyaratan Klub Baru yang Ingin Gabung IBL

Terdapat beberapa calon kandidat klub baru yang berminat ikut serta di kompetisi IBL.

Rep: Fitrianto/ Red: Israr Itah
Pemain asing Amartha Hangtuah Laquavious Kashaka Cotton dilanggar saat hendak menerobos pertahanan Satya Wacana Salatiga di kompetisi IBL 2020. Ada sejumlah klub yang tertarik bergabung dengan IBl pada musim depan.
Foto: DOK IBL
Pemain asing Amartha Hangtuah Laquavious Kashaka Cotton dilanggar saat hendak menerobos pertahanan Satya Wacana Salatiga di kompetisi IBL 2020. Ada sejumlah klub yang tertarik bergabung dengan IBl pada musim depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah menunggu kepastian perizinan untuk dapat melanjutkan sisa musim IBL Pertamax 2020, pihak IBL juga merancang rencana jangka panjang serta persiapan musim berikutnya. Salah satu hal yang dipersiapkan adalah upaya menambah jumlah klub peserta.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, menyebut terdapat beberapa calon kandidat klub baru yang berminat ikut serta pada kompetisi IBL musim depan. "Sudah ada beberapa pihak yang menyatakan minat menjadi kandidat klub IBL," kata Junas dilansir dari laman IBL Indonesia, Jumat (19/6).

Baca Juga

Seluruh pihak yang sempat menyatakan ketertarikan menjadi kandidat, telah secara resmi menerima dokumen panduan dari pihak IBL yang berisi di antaranya mengenai informasi persyaratan, tahapan seleksi, serta hak dan kewajiban kandidat klub. Terdekat adalah batas waktu penyerahan surat ketertarikan keikutsertaan (letter of intent) beserta formulir pernyataan yang rencana dibuka hingga 1 Juli. 

Salah satu kandidat adalah klub asal Papua yang sempat menginformasikan melalui media sosial yang di rilis belakangan ini. “Betul bahwa klub tersebut merupakan salah satu pihak yang telah membuka komunikasi dengan IBL sebelumnya. Namun, saat ini kami masih menunggu tanggapan tertulis sebagai dasar rencana keikutsertaan," kata dia.

Untuk siapa saja pihak yang telah menyatakan ketertarikannya, IBL belum dapat membuka informasinya hingga letter of intent tersebut diterima. “Karena kami juga ingin proses ini dijalankan secara profesional dan berdasarkan dokumen yang jelas,” katanya.

Mereka perlu melalui beberapa proses untuk lolos menjadi peserta IBL. Tahap pertama, bakal calon anggota IBL juga harus menyerahkan kelengkapan dokumen perusahaan dan surat rekomendasi Perbasi. 

"Tanpa dokumen resmi perusahaan dan rekomendasi PP Perbasi mereka tak bisa lanjut ke tahap verifikasi," tuturnya.

Proses evaluasi dan verifikasi bakal calon peserta akan dilakukan oleh IBL pada 15 Juli hingga 16 Agustus. "Apabila seluruh proses berjalan lancar, hasil verifikasi rencana akan diumumkan pada 1 September," jelasnya.

Setelah proses verifikasi, klub yang lolos masih akan ada tahapan persyaratan administrasi untuk menyelesaikan tahap akhir. Klub peserta baru IBL akan diumumkan pada Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement