Jumat 19 Jun 2020 19:06 WIB

5 Modal Utama Jadi Citizen Journalism Andal

Semua orang memiliki modal menjadi jurnalis bahkan membuat platform media sendiri.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Digital Journalistic. Peserta mengikuti Workshop Series Digital Journalistic Republika di Jakarta.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Digital Journalistic. Peserta mengikuti Workshop Series Digital Journalistic Republika di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perangkat teknologi yang semakin canggih kian memperlebar kesempatan seseorang untuk menjadi jurnalis bahkan membuat platform media sendiri. Semua orang bisa berbagi ilmu, informasi dan pengalaman lainnya dengan bebas, hingga berpotensi meraup pundi-pundi rupiah.

Namun untuk sampai ke titik itu, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Dalam webinar Digital Journalistic The Series, Jumat (19/6), Kepala Republika.co.id Elba Damhuri mengungkap lima modal utama dalam membangun media sendiri dan menjadi citizen journalism yang andal, apa saja? Yuk simak penjelasannya.

Baca Juga

Konten berkualitas

Menurut Elba, konten merupakan pilar utama dari media baik media digital maupun koran. Semakin menarik konten yang dihadirkan, maka akan semakin banyak pembacanya. Agar menarik pembaca, pastikan kontennya berkarakter dan fokus pada isu tertentu.

“Jadi misalkan kalian menguasai politik, ya bisa menulis tentang isu-isu politik terhangat. Ketika konten sudah ratusan bahkan ribuan, pandangan politik kita lambat laun mungkin akan diperhitungkan,” kata Elba.

Distribusi

Konten tidak akan diakses oleh banyak orang jika distribusinya mandek. Karenanya, dikatakan Elba, distribusi sangatlah penting supaya konten bisa dijangkau oleh banyak orang. Lalu bagaimana cara mendistribusikan konten yang baik? Caranya simpel, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menarik pembaca.

“Jangan salah, media sosial itu punya peran penting. Sekitar 40 persen pembaca masuk ke domain kita lewat media sosial. Jadi pastikan kalian punya semua akun media sosial, agar banyak pembaca yang masuk,” jelas Elba.

Kolaborasi konten

Menurut Elba, di era sekarang kolaborasi menjadi lumrah dilakukan oleh berbagai media bahkan media mainstream sekalipun. Republika misalnya, juga berkolaborasi dengan beberapa media lain utamanya media lokal.

“Kami kerja sama dengan media lokal daerah, khususnya yang memang tidak ada wartawan kami di daerah itu. Dan kolaborasi konten boleh dilakukan, kalian juga bisa mempraktikkan itu,” ungkap Elba.

IT lancar

Modal lain yang tidak kalah penting adalah faktor teknologi informasi. Pastikan web kamu mudah diakses dan tidak lemot ya. Selain itu, perhatikan juga faktor search engine optimization (SEO) atau optimasi website agar mendapat peringkat teratas di hasil pencarian.

“Misalnya sekarang ‘virus corona’ menjadi kata kunci berbagai media, karena memang itu sedang banyak diakses masyarakat. Kita juga pastikan website kita enggak lemot, kalau lemot ya pasti ditinggal pembaca,” kata Elba.

Konsisten

Modal pamungkas untuk sukses menjadi citizen journalism adalah konsistensi. Menurut Elba, minimal setiap harinya kita mengunggah 5 atau 10 konten tulisan. Dengan begitu, laman kita semakin mudah dikenal.

“Kalau kita hanya unggah tiga bulan sekali jangan harap bisa menghasilkan untung. Jadi konsistenlah unggah konten terus bagikan di media sosial, lambat laun pasti akan berhasil,” jelas Elba.

Pelatihan membuat konten merupakan salah satu rangkaian Workshop Online Digital Journalistic The Series yang dilakukan secara daring oleh Republika. Bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpana (LPS), pelatihan ini telah diadakan sejak 17 Juni hingga 19 Juni dengan beragam tema menarik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement