Jumat 19 Jun 2020 18:38 WIB

Pertama Kali, Teleskop Ruang Angkasa Dapatkan Peta Langit

Peta langit oleh teleskop Jerman-Rusia didapat dari 1 juta sumber sinar X.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop eRosita melacak langit dengan data sinar-X.
Foto: SRG/eRosita
Teleskop eRosita melacak langit dengan data sinar-X.

REPUBLIKA.CO.ID,  BERLIN -- Sebuah teleskop ruang angkasa Jerman-Rusia baru saja memperoleh peta yang fenomenal. Teleskop ini melacak langit dengan data sinar-X.

Data berasal dari instrumen eRosita. Instrumen eRosita menumpang pada satelit Spektrum-Röntgen-Gamma (Spektr-RG).

Baca Juga

Gambar merekam banyak peristiwa di kosmos, termasuk bagaimana materi ruang angkasa tercabik. Gambar itu menunjukkan materi memangsa lubang hitam, bintang yang meledak, dan gas panas yang menyengat.

Dilansir di BBC, Jumat (19/6), teleskop ini diluncurkan pada Juli tahun lalu dan dikirim ke posisi pengamatan sekitar 1,5 juta km dari Bumi. Setelah dinyatakan beroperasi penuh pada bulan Desember, teleskop ini dibiarkan berputar perlahan dan memindai kedalaman ruang angkasa.

Kumpulan data semua langit pertama eRosita, selesai pada pekan lalu. Data ini merekam lebih dari satu juta sumber sinar-X.

"Itu sebenarnya jumlah yang hampir sama dengan yang telah terdeteksi dalam seluruh sejarah astronomi sinar-X pada 60 tahun lalu. Kami pada dasarnya menggandakan sumber yang diketahui, hanya dalam enam bulan," kata Kirpal Nandra, ilmuwan astrofisika di Institut Max Planck untuk Fisika Extraterrestrial (MPE) di Garching, Jerman.

Peta ini menggunakan proyeksi yang disebut Aitoff, yang membuka bola langit ke elips. Pita di tengah adalah bidang Galaksi Bima Sakti, dengan pusat galaksi berada di tengah elips.

Gambar telah dibuat kode dengan warna untuk membantu menggambarkan apa yang terjadi. Biru mewakili sinar-X energi yang lebih tinggi (1-2,3 kiloelektron volt, keV)  hijau adalah energi menengah (0,6-1 keV) dan merah adalah energi yang lebih rendah (0,3-0,6 keV).

Sebagian besar bidang galaksi didominasi oleh sumber yang sangat energik. Hal itu disebabkan karena sejumlah besar gas dan debu kosmik telah menyerap dan menyaring radiasi energi yang lebih rendah.

Hijau dan kuning yang menggambar semacam fitur jamur menutupi sebagian besar peta mewakili gas panas di dalam dan di luar galaksi kita. Peta ini menanamkan informasi tentang pembentukan dan evolusi Bimasakti.

Beberapa yang berbentuk noda yang lebih besar adalah peristiwa terkenal di langit. Tambalan kuning cerah tepat di atas pesawat di paling kanan adalah konsentrasi sisa-sisa supernova, puing-puing bintang yang meledak dan gelombang kejutnya telah memanaskan debu dan gas di sekitarnya.

Tambalan khusus ini didominasi oleh sisa-sisa supernova Vela. Supernova Vela adalah ledakan yang terjadi ribuan tahun yang lalu tetapi hanya 800 tahun cahaya dari Bumi.

Gambar berikutnya pada cahaya merah di bagian atas dan bawah peta, sebagian besar adalah emisi sinar-X dari gas panas jauh di luar galaksi kita. Dan di bintik-bintik putih, terlihat tanda lubang hitam super-masif.

photo
Teleskop eROSITA menggambarkan supernova Vela dengan data sinar-X. - (SRG/eRosita)

Mayoritas lubang hitam

Sekitar 80 persen dari semua sumber yang terkandung dalam peta baru adalah lubang hitam raksasa yang berada di pusat galaksi jauh. Lubang hitam memompa sinar-X saat tarikan gravitasi mereka yang sangat besar menarik dan mengeluarkan materi.

Beberapa lubang hitam super-masif yang muncul di peta terlihat ketika Semesta berusia lebih muda dari satu miliar tahun, kurang dari 10 persen dari usia saat ini.

Spektr-RG dan instrumen eRosita bermaksud untuk mengumpulkan tujuh survei semua langit selama 3,5 tahun ke depan. Ini akan memungkinkan teleskop untuk memperbaiki datanya, untuk menghapus gangguan, juga untuk merasakan lebih dalam ke dalam kosmos dan mengambil sumber-sumber redup yang jika belum  terdeteksi.

Salah satu tujuan utama adalah untuk memetakan distribusi gas panas yang memancarkan sinar-X yang menerangi gugusan besar galaksi.

Para astronom berharap informasi ini dapat menuntun mereka ke wawasan baru tentang bagaimana Semesta terstruktur dan bagaimana alam semesta telah berubah seiring waktu. Mungkin saja ada beberapa petunjuk dalam proyek ini tentang sifat energi gelap, 'kekuatan' misterius yang tampaknya mendorong kosmos terpisah pada laju yang semakin cepat.

Prof. Nandra menjelaskan, delapan survei memungkinkan kita untuk masuk sangat jauh ke dalam Alam Semesta yang jauh. Pada dasarnya, peneliti mencoba mendeteksi semua gugus galaksi di Semesta di atas batas massa tertentu.

"Kami sudah memiliki sampel yang bagus, mungkin sekitar 10 ribu. Tetapi kami berharap untuk mendapatkan setidaknya 100 ribu gugusan galaksi," jelasnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement