Jumat 19 Jun 2020 17:07 WIB

Hotel di Surabaya Terapkan Protokol Normal Baru

Setiap tamu diwajibkan untuk memakai masker di seluruh area hotel.

Lobby Crown Prince Hotel Surabaya.
Foto: Dokumen.
Lobby Crown Prince Hotel Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemberlakuan protokol normal baru menjadi perhatian penting pasca tidak diteruskannya lagi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kantor-kantor pemerintahan, kalangan industri, institusi pendidikan, dan elemen masyarakat lainnya bakal lebih memperketat protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

Demikian halnya pada bisnis perhotelan di Kota Surabaya, yang sebagian pelakunya sudah kembali beraktivitas. Salah satunya Crown Prince Hotel Surabaya. Dalam menghadapi era normal baru ini, hotel tersebut memperketat protokol pencegahan Covid-19.

Hal itu agar tamu nyaman dan aman selama beraktivitas di hotel. "Protokol ini dimulai dari depan. Kami menyediakan bilik desinfektan di teras hotel. Setiap tamu masuk melalui satu jalur dan harus melewati bilik ini," kata General Manager Crown Prince Hotel Surabaya, Nuralamsyah Arifin.

Selanjutnya, tim security akan memeriksa suhu badan dan memberikan hand sanitizer. Prosedur ini tidak hanya diterapkan untuk tamu, namun juga seluruh karyawan.

Dalam proses check-in, pihaknya juga mengimbau tamu untuk bergiliran satu per satu. Tamu tidak perlu khawatir dan gusar saat menunggu karena lobby yang ada cukup luas dan nyaman. Tim front office juga telah dilengkapi dengan face mask, hand glove, dan masker.

"Setiap tamu diwajibkan untuk memakai masker di seluruh area hotel. Jika tidak membawa masker, kami juga menyediakan masker di front office," imbuhnya.

Penggunaan lift pun dibatasi kapasitasnya dan diberi tanda agar tamu dapat saling menjaga jarak. Tim housekeeping membersihkan kamar, lorong, dan area publik dengan desinfektan secara berkala. Bukan hanya dari sisi kamar dan area publik saja.

Pihaknya juga memastikan setiap makanan yang tersaji untuk tamu segar, sehat, dan higienis. Selama proses penyajian makanan, mulai dari staf dapur hingga service diperlengkapi dengan hand gloves serta mouth mask.

“ Kami berusaha sebaik mungkin untuk menjaga kebersihan lingkungan hotel, baik secara fisik maupun manning dengan tidak mengabaikan kenyamanan tamu. Setiap tamu harus merasakan pengalaman menginap seperti tagline kami,  Refuel, Renew, Relax, “ ujar Nuralamsyah.

Selain tamu menginap, lanjutnya, Crown Prince Hotel Surabaya juga telah membuka untuk tamu dine - in dengan prosedur yang sama. Pihak hotel sudah menerima beberapa reservasi banquet untuk keperluan meeting dan juga ulang tahun.

"Tentu saja kami sesuaikan ruangan dengan standar new normal dari sisi kapasitas dan juga penyediaan makanan,” ujar Rendhy, selaku Food & Beverage Supervisor.

Beberapa paket telah dirilis sejalan dengan masa new normal ini. Dua di antaranya Relax Meeting dan Akad Nikah New Normal. Relax meeting ditujukan untuk tamu yang ingin meeting secara privat,

Dengan kapasitas lima orang, Crown Prince membuka kesempatan untuk tamu merasakan suasana privat meeting di Classy Room. Untuk akad nikah new normal, paket sudah termasuk buffet untuk 30 pax, dekorasi standar.

Kemudian, kamar pengantin di Classy Room termasuk dekorasi kamar, parkir VIP, layanan valet untuk semua tamu, standart sound system, LCD & proyektor, reception table, akses untuk foto di seluruh area hotel. Harga khusus akan diberikan untuk keluarga pengantin jika ingin menginap di sini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement