Jumat 19 Jun 2020 14:29 WIB

FIBA Esports Open 2020, Turnamen Alternatif Masa Pandemi

Seri perdana FIBA Esports Open 2020 berlangsung 19-21 Juni 2020.

Rep: Fitrianto/ Red: Israr Itah
Timnas basket Esports Indonesia di kejuaraan FIBA Esports Open 2020.
Foto: Dok PP Perbasi
Timnas basket Esports Indonesia di kejuaraan FIBA Esports Open 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) melihat turnamen esports sebagai alternatif selama masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia. FIBA kemudian merancang sebuah turnamen esports dan mengumumkannya baru-baru ini. Untuk pertama kali kejuaraan bola basket virtual (esports competition) antarnegara digelar. Turnamen ini bertajuk FIBA Esports Open 2020. 

FIBA sangat senang bergabung dengan gerakan esports bersama dengan federasi anggota nasionalnya, sebagai bagian dari proyek percontohan ini.

Baca Juga

Seri perdana gim e-basketball ini berlangsung 19-21 Juni 2020. Tim-tim nasional yang berpartisipasi termasuk Argentina, Australia, Austria, Brasil, Siprus, Indonesia, Italia, Latvia, Lebanon, Lithuania, Selandia Baru, Filipina , Rusia, Arab Saudi, Spanyol, Swiss, dan Ukraina.

Setiap tim akan terdiri dari tujuh pemain, lima di lapangan dan dua cadangan. Gim akan dimainkan dari jarak jauh adalah NBA2K menggunakan mode Pro-AM dan memungkinkan penyesuaian penuh avatar pemain, seragam, dan desain arena.

"FIBA sangat bangga dan bersemangat memulai perjalanan Esports-nya dengan FIBA Esports Open 2020. Ini adalah proyek percontohan permainan antara tim-tim nasional bekerja sama dengan NBA 2K," kata Frank Leenders, FIBA Media and Marketing Services Director General, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (19/6). 

Ia menjelaskan, inisiatif esports diidentifikasi oleh Dewan Pusat FIBA sebagai bagian penting dan konsisten dengan tujuan strategis untuk memperbesar keluarga FIBA. Dalam masa-masa yang penuh tantangan ini, FIBA merasa terdorong oleh antusiasme dari beberapa federasi nasional.  

Seluruh seri FIBA Esports Open 2020 akan diproduksi dari FIBA Esports Studio terbaru yang berlokasi di Riga, Latvia. Setiap hari ada show empat jam yang menampilkan hingga enam pertandingan. Setiap game akan disiarkan langsung di saluran Facebook, Twitch, dan YouTube FIBA dengan komentar langsung dalam Bahasa Inggris. 

Tim esports basket Indonesia akan berhadapan dengan Filipina pada kejuaraan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement