Jumat 19 Jun 2020 13:22 WIB

Indonesia Hadapi Filipina di Kejuaraan FIBA Esports Open

Kejuaraan FIBA Esports Open berlangsung selama tiga hari ke depan, diikuti 17 negara.

Rep: Fitrianto/ Red: Israr Itah
Timnas basket Esports Indonesia di kejuaraan Esports FIBA Open 2020.
Foto: Dok PP Perbasi
Timnas basket Esports Indonesia di kejuaraan Esports FIBA Open 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Tim nasional e-sports bola basket Indonesia akan menghadapi Fillipina pada Kejuaraan FIBA Esports Open 2020, Jumat (19/6). Kejuaraan ini berlangsung selama tiga hari ke depan, diikuti 17 negara yang terbagi dalam 5 Wilayah (Oceania, Asia Tenggara, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Selatan).

“Esports itu potensial. Siapa tahu kita bisa berbicara banyak di sana. Maka kita menyiapkan tim nasional yang sudah melewati seleksi untuk berpartisipasi di sana,” kata Andiko Ardi Purnomo, wakil Badan Tim Nasional (BTN) dalam perkenalan dengan timnas Esports secara daring, Jumat pagi di Jakarta, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id. 

Baca Juga

“Saya berharap para pemain ini bangga mewakili Indonesia dan semoga mereka sukses. Saya tidak tahu permainan ini namun saya selalu berdoa untuk kesuksesan tim Merah Putih,” ucap Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih dari Semarang.

Turnamen diikuti oleh Austria, Lebanon, Australia, Argentina, Indonesia, Siprus, Arab Saudi, Selandia Baru, Brasil, Filipina, Italia, Lavia, Lituania, Russia, Spanyol, Swiss, dan Ukraina. 

Tim Indonesia sudah melakukan pencarian pemain sejak Mei 2020, bekerja sama dengan tim Esports lokal yaitu OPI Gaming. Pencarian pemain dilakukan dengan penetrasi ke komunitas gamers NBA2K, melakukan beberapa turnamen kecil guna mendapatkan pemain-pemain terbaik yang siap membela Indonesia dalam menghadapi turnamen FIBA Esports Open 2020.

Nama-nama pemain yang membela timnas basket Esports Indonesia adalah, Fraed Duncker (lokasi Jakarta), Aldo Tedjadharma (lokasi Thailand), Dominikus Rendy (lokasi Australia), Leonardo Paulus (kapten tim, lokasi Filipina), Ray Antonio (lokasi Jakarta), dan Ridho Aulia (lokasi Jakarta).

“Kami sudah berlatih bersama dalam tiga bulan. Untuk menjalin chemistry, kami akhirnya bisa ketemu langsung,” kata Leonardo Paulus. Leonardo adalah mahasiswa Indonesia yang sedang sekolah di Filipina.  “Saya bangga menjadi bagian skuat Indonesia.” 

Jadwal Kejuaraan FIBA Esports Open 2020

Jumat 19 Juni : Filipina vs Indonesia (pkl.17.45 WIB); Indonesia vs Filipina (pkl.18.25 WIB)

Sabtu 20 Juni : Filipina vs. Indonesia (pkl.17.45 WIB) ; Indonesia vs Filipina (pkl.18.25 WIB)

Ahad 21 Juni : Indonesia vs. Filipina (pkl.17.45 WIB)

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement