Jumat 19 Jun 2020 13:05 WIB
i

Meski Boleh Dibuka, Masjid di Qatar tak Gelar Sholat Jumat

Otoritas Qatar tidak mengizinkan masjid-masjid menggelar sholat Jumat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Otoritas Qatar tidak mengizinkan masjid-masjid menggelar sholat Jumat. Ilustrasi jamaah sedang melakukan sholat fardhu di sebuah masjid di Doha, Qatar.
Foto: EPA/NOUSHAD THEKKAYIL
Otoritas Qatar tidak mengizinkan masjid-masjid menggelar sholat Jumat. Ilustrasi jamaah sedang melakukan sholat fardhu di sebuah masjid di Doha, Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA –  Pemerintah Qatar melalui Kementerian Wakaf dan Urusan Islam mengumumkan tidak akan menggelar sholat Jumat maupun sholat Zuhur pada hari ini, Jumat (19/6) di masjid-masjid yang telah dibuka kembali sejak 15 Juni.   

Seperti dilansir Gulf Times jamaah diminta  melaksanakan sholat Zuhur di rumah masing-masing hari ini. Sedangkan untuk pelaksanaan sholat lainnya jamaah diizinkan datang telat waktu ke masjid sesuai prosedur pencegahan.  

Baca Juga

Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar pun meminta umat Islam bekerjasama dalam aturan ini.   

Sebelumnya pemerintah Qatar mengumumkan  pembukaan kembali 500 masjid di seluruh Qatar dengan dimulainya pelaksanaan fase pertama pelonggaran pembatasan virus Corona yang ditetapkan Komite Tertinggi untuk Manajemen Krisis Qatar. Selain itu ibadah sholat berjamaah di umumkan di masjid-masjid yang sudah ditetapkan.   

Pemerintah Qatar juga tetap menerapkan tindakan pencegahan Covid-19 bagi jamaah seperti membawa sajadah sendiri dari rumah, mengenakan masker, dan menunjukan aplikasi   Ehteraz dari ponsel sebelum memasuki masjid. Sedangkan untuk hari Jumat tak termasuk dalam prosedur ini.  

Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar juga mengucapkan terima kasih kepada para jamaah atas kerjasama mereka dengan para pengelola masjid untuk melaksanakan sholat sesuai dengan tindakan pencegahan Covid-19.

 

Sumber: https://www.gulf-times.com/story/666008/Ministry-of-Awqaf-Friday-prayer-Dhuhr-prayer-will-not-be-held-in-mosques-on-Friday 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement