Jumat 19 Jun 2020 05:30 WIB

Telur Reptil Terbesar di Dunia Ditemukan di Antartika

Telur raksasa berasal dari hewan seukuran dinosaurus, tapi bukan telur dinosaurus.

Rep: zainur mahsir ramadhan/ Red: Dwi Murdaningsih
Telur reptil terbesar di dunia ditemukan di Antartika.
Foto: SWNS
Telur reptil terbesar di dunia ditemukan di Antartika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Baru-baru ini para peneliti berhasil mengidentifikasi benda berbentuk bola sepak yang sedikit lonjong dan telah ditemukan pada 2011 silam. Berdasarkan informasi, benda tersebut merupakan telur raksasa dengan dimensi 11 inci dan lebar tujuh inci. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Nature.

"Telur ini berasal dari hewan seukuran dinosaurus besar, tetapi sama sekali tidak seperti telur dinosaurus," ujar pemimpin peneliti dari University of Texas, Lucas Legendre, seperti dilansir foxnews, Kamis (18/6).

Baca Juga

Berdasarkan pemaparan, telur dari spesies monster laut itu berumur setidaknya 68 juta tahun. Tak hanya itu, spesies yang telah dijelaskan sebelumnya itu dinamai Antarcticoolithus bradyi, dan memiliki panjang setidaknya 23 kaki dari ujung moncong hingga ke ekornya.

"Ini sangat mirip dengan telur kadal dan ular - tetapi ini berasal dari kerabat yang benar-benar raksasa dari hewan-hewan ini," tutur Legendre.

Dia menyatakan, berdasarkan analisis terhadap 259 reptil modern dan telurnya, ada seekor binatang purba yang dikenal sebagai mosasaur. Dan jenis itu digadang-gadang cocok dengan deskripsi tersebut.

"Telur itu milik spesies yang memiliki panjang setidaknya 23 kaki - reptil laut raksasa," kata Legendre.

Dari ukuran luar itu, kata peneliti, hingga kini telah memecahkan rekor sebelumnya. Bahkan, para peneliti berdalih dan menantang anggapan lainnya bahwa reptile semacam itu tak bertelur.

"Telur cangkang lunak yang hampir lengkap dan seukuran bola sepak ini adalah salah satu telur terbesar yang pernah dijelaskan," kata rekan penulis Julia Clarke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement