Jumat 19 Jun 2020 04:05 WIB

Jejak Kaki Dinosaurus Raksasa Ditemukan di Quensland

Ilmuwan menemukan bukti keberadaan dinosaurus karnivora dengan kaki 3 meter.

Rep: zainur mahsir ramadhan/ Red: Dwi Murdaningsih
Dinosaurus (ilustrasi)
Foto: mirror.co.uk
Dinosaurus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND – Tim peneliti dari University of Queensland memaparkan keanekaragaman kehidupan dinosaurus selama periode Jurassic pertengahan hingga akhir di Queensland. Menurut pemaparannya, ada dinosaurus raksasa dengan jejak kaki yang bisa sepanjang bus konvensional dan sempat hidup di tenggara Queensland sekitar 160 juta tahun lalu.

Pemimpin tim peneliti, Anthony Romilio menjelaskan jejak tersebut ditemukan setelah melihat cetakan kaki di langit-langit tambang batu bara bawah tanah di dekat Ipswich dan Toowoomba sekitar 70 tahun yang lalu.

Baca Juga

"Di sana berisi banyak jejak yang sangat besar dan itu milik dinosaurus karnivora yang sangat besar," kata Romilio seperti dilansir the guardian, Kamis (18/6).

Romilo menambahkan, koleksi jejak kaki yang dipindahkan dari tambang, disimpan di Museum Queensland. Dari beberapa penelitian ada jejak yang seukuran mobil.

“Bahkan, yang besar, Anda bisa melihatnya sepanjang bus,” tutur dia.

Dia menyatakan beberapa jejak kaki yang ditemukannya ada di kisaran 80 cm. Dia menegaskan, dinosaurus karnivora raksasa itu memiliki ukuran sekitar 10 meter dan jejak kaki terbesar bisa mencapai lebih dari tiga meter.

"Ini hampir setara dengan T rex. Tapi pemakan daging ini cenderung lebih ramping, dan akan lebih memanjang dan lebih anggun dalam penampilannya,” ucap dia.

Meski demikian, Romilio tidak yakin bahwa timnya bisa menemukan tulang-tulang reptil Jurassic raksasa ini dalam waktu dekat. Terlebih, temuan tulang yang dimiliki timnya saat ini baru sedikit.

"Faktor pembatasnya adalah, keberadaan mereka kemungkinan besar ada di bebatuan yang sangat tua, ratusan meter di bawah tanah," ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement