Kamis 18 Jun 2020 16:03 WIB

Menpora: Kepemimpinan dalam Rumah Tangga Jadi Prioritas

Ada sejumlah 400 peserta setelah panitia memilih dari 600 pendaftar.

Kemenpora
Foto: Antara
Kemenpora

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu dari prioritas Kementerian Pemuda dan Olah Raga tahun 2020-2024 ialah ialah penguatan ideologi Pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda. Salah satu aktualisasinya ialah kepemimpinan pemuda yang memiliki derivasi kepemimpinan individu, kepemimpinan domestik, dan kepemimpinan publik. 

"Dengan menjalankan konsep pengembangan kepemimpinan tersebut maka upaya membangun karakter pemuda bisa komprehensif dan lebih maksimal," kata Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali dalam pidato pembukaanya pada kegiatan 'Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga di Tengah Pandemi Covid-19' yang diselenggarakan secara daring, Rabu (17/6).

"Acara ini penting dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan kepemimpinan pemuda yang berkarakter dalam menjawab berbagai tantangan dalam memimpin keluarga baik sebagai kepala rumah tangga (KRT) maupun sebagai anggota rumah tangga (ART) sebagai prasyarat untuk mewujudkan SDM unggul," ujar Menpora.

Dalam Laporannya, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh menyampaikan bahwa ada sejumlah 400 peserta setelah panitia memilih dari 600 pendaftar. Hal ini menunjukkan tingginya animo pemuda dengan kegiatan ini. Data pendaftar ini juga menunjukkan bahwa para pemuda Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke sangat membutuhkan pengetahuan terkait kepemimpinan dalam rumah tangga. 

“Pelatihan ini memberikan pengetahuan yang dibutuhkan pemuda dalam memasuki jenjang perkawinan. Beberapa materi yang akan diterima antara lain kesehatan reproduksi, pengasuhan anak berkualitas, literasi keuangan dalam rumah tangga, hukum perkawinan, dan psikologi pemuda," kata Ni'am.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement