Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Makanan dengan Berbagai Warna

Kamis 18 Jun 2020 13:36 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Makanan penuh warna. (ilustrasi).

Makanan penuh warna. (ilustrasi).

Foto: bcworkout
Makanan lima warna merujuk pada dua jenis buah dan tiga jenis sayuran.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Para ahli sering menyarankan kita untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran berwarna. Mengikuti program diet pelangi (mengonsumsi makanan aneka warna) dianggap sebagai cara makan yang sehat secara fundamental.

Makanan lima warna merujuk pada dua jenis buah dan tiga jenis sayuran. Ini merupakan kombinasi yang baik, terutama untuk anak-anak dan dewasa. Buah dan sayuran yang berwarna-warni menyediakan beragam vitamin, mineral, serat, dan fitokomia yang digunakan tubuh untuk menjaga kesehatan dan tingkat energi.

Fitokimia dan senyawa bermanfaat lainnya dalam buah-buahan dan sayuran memberikan warna. Itulah mengapa kita harus memiliki spektrum lengkap untuk kesehatan yang baik dan kekebalan yang kuat.

Seperti dilansir di laman NDTV, warna biru atau ungu bisa dengan mengonsumsi blueberi, anggur ungu, blackcurrant, kubis ungu, terong, wortel ungu, dan lainnya. Mereka memiliki fitokimia yang mempromosikan kesehatan seperti antosianin dan fenol. Makanan berwarna dalam diet juga dapat mengurangi risiko kanker dan baik untuk kesehatan saluran kemih, fungsi memori, dan mempromosikan penuaan yang sehat.

Warna hijau termasuk jumlah lutein dan indol bervariasi yang memiliki sifat antioksidan. Warna hijau bisa didapat dari alpukat, apel hijau, anggur hijau, melon, buah kiwi, pir hijau, artichoke, brokoli, seledri, mentimun, bawang merah, daun selada, bayam, kacang polong, jari wanita, zucchini dan lainnya. Dapat dikonsumsi untuk menurunkan risiko kanker, menjaga penglihatan, mempertahankan kesehatan penglihatan, untuk membuat gigi dan tulang kuat

Sementara untuk warna putih dan cokelat, mengandung berbagai fitokimia misalnya allicin yang ditemukan dalam bawang putih dan bawang merah. Orang harus memasukkan pisang, persik putih, kembang kol, bawang putih, jahe, jamur, bawang, kentang, dan lobak dalam makanan. Buah dan sayuran putih sangat baik untuk kesehatan jantung, mempertahankan kadar kolesterol, juga menurunkan risiko kanker.

Untuk buah dan sayuran berwarna kuning atau oranye di antaranya apel kuning, aprikot, blewah, jeruk, pepaya, persik, jeruk bali, lemon, mangga, nanas, pir kuning, wortel oranye, paprika kuning, labu, dan jagung manis. Mereka memiliki antioksidan seperti Vitamin C serta karotenoid dan bioflavonoid yang baik untuk kesehatan. Mereka juga baik untuk jantung sehat, kesehatan penglihatan, sistem kekebalan tubuh yang sehat, menurunkan risiko kanker.

Sedangkan warna merah adalah ditandai karena kehadiran likopen dan antosianin yang memiliki sifat meningkatkan kesehatan. Yang termasuk dalam makanan warna merah yakni apel merah, ceri, cranberry, anggur merah, pir merah, delima, rasberi, stroberi, semangka, bit, paprika merah, lobak merah, wortel merah, dan tomat. Makanan-makanan ini mampu mendatangkan manfaat seperti untuk jantung yang sehat, ingatan yang baik, risiko kanker yang lebih rendah, dan untuk menjaga kesehatan saluran kemih.

Makanan dengan lima warna adalah sumber serat, folat, potasium, vitamin A dan vitamin C yang baik. Makanan tersebut rendah kalori, lemak, dan natrium.

Makanan berwarna juga mengurangi risiko kanker, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap flu, dan mempertahankan berat badan yang sehat. Makanan ini juga menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko kehilangan penglihatan, mengurangi risiko jika penyakit alzheimer, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, obesitas, cacat lahir, katarak, dan osteoporosis. Makanan berwarna juga membantu Anda memiliki kulit yang jernih, rambut yang berkilau, dan mata yang cerah.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA