Kamis 18 Jun 2020 10:33 WIB

Car Free Day Kembali Digelar di Jakarta

Para pedagang masih belum diizinkan berjualan saat CFD

Rep: Flori Sidebang/ Red: Esthi Maharani
 Suasana CFD atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Jalan Sudirman – MH Thamrin, Jakarta
Suasana CFD atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Jalan Sudirman – MH Thamrin, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan kembali menggelar hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Ahad (21/6) mendatang. Namun, para pedagang kaki lima belum diizinkan untuk berjualan di area tersebut.

Adapun Pemprov DKI Jakarta telah meniadakan sementara pelaksanaan CFD sejak 15 Maret 2020. Tujuannya, untuk mencegah penularan virus corona.

"Untuk Ahad sudah ada HBKB," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo di fX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (18/6).

Syafrin menjelaskan, pelaksanaan CFD selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini hanya diperuntukan bagi masyarakat yang hendak berolahraga. Sedangkan para pedagang kaki lima dilarang berjualan di sepanjang area CFD saat masa PSBB transisi.

Syafrin pun mengimbau masyarakat yang berolahraga saat CFD untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Dia juga meminta masyarakat yang memiliki gejala demam atau flu agar tidak berolahraga di area CFD.

"Pedagang kaki lima tidak diperbolehkan, sementara HBKB untuk (masyarakat yang) berolahraga dengan menerapkan prinsip protokol kesehatan," ujar Sayfrin.

Menurut Syafrin, pelaksanaan CFD atau HBKB perdana itu menjadi uji coba setelah sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Dia menyebut, pihaknya pun akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kembali aktivitas tersebut.

"Jadi, HBKB akan diaktivasi hari Minggu besok, tentu ini jadi uji coba di masa transisi dan kita akan lakukan evaluasi," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement