Kamis 18 Jun 2020 04:36 WIB

Diwarnai Kartu Merah dan Cedera, City Taklukkan Arsenal 3-0

Pemain muda Manchester City Eric Garcia mengalami cedera parah di akhir pertandingan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Manajer Manchester City memberikan instruksi kepada para pemain dalam lanjutan Liga Primer Inggris antara City melawan Arsenal di Manchester, Inggris, Rabu (17/6).
Foto: Peter Powell/NMC/EPA POOL
Manajer Manchester City memberikan instruksi kepada para pemain dalam lanjutan Liga Primer Inggris antara City melawan Arsenal di Manchester, Inggris, Rabu (17/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City sukses mengamankan tiga poin saat menjamu Arsenal di Stadion Etihad pada Kamis (18/6) dini hari WIB. Tim tuan rumah berhasil menaklukkan Arsenal dengan skor akhir 3-0.

Pada menit-menit awal pertandingan, Manchester City memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Arsenal. Kevin de Bruyne menciptakan peluang pertamanya pada menit ke-4 dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak 16. Namun, bola berhasil diselamatkan di sudut kanan atas.

Tanpa diduga, Arsenal dengan cepat melakukan pergantian pemain pada menit ke-8. Dani Ceballos masuk untuk menggantikan Granit Xhaka karena cedera.

Semenit kemudian, Riyad Mahrez berusaha mengambil peluang saat menerima umpan dari tendangan sudut. Namun, percobaan tersebut masih gagal. Bola hanya melintas di atas mistar gawang.

Tak mau kalah, Arsenal juga berupaya memberikan ancaman dengan tembakan yang dilesatkan oleh Eddie Nketiah dari tengah kotak 16 saat meneruskan umpan Bukayo Saka pada menit ke-13. Namun, percobaan itu masih gagal.

Sementara itu, Arsenal kembali melakukan pergantian pemain pada menit ke-24. David Luiz masuk menggantikan Pablo Mari karena cedera.

Semenit kemudian, Aubameyang melakukan percobaan pertamanya dengan tendangan jarak jauh saat mendapat ruang tembak dari luar kotak 16. Namun, tembakan itu belum menemui sasaran. Bola melebar di sisi kanan gawang.

Pada menit ke-32, giliran City yang menciptakan peluang saat De Bruyne melihat ruang tembak dari luar kotak 16 ketika menerima umpan dari Ilkay Gundogan. Namun, tendangan Bruyne masih bisa diblokir.

Dua menit kemudian, Sterling mendapat peluang saat menerima umpan dari David Silva. Namun, tendangan Sterling juga masih dapat diamankan.

Gelombang serangan mulai diberikan City ke gawang Arsenal, mulai dari percobaan yang dilakukan Silva dari tengah kotak 16, Mahrez, dan juga Sterling secara bertubi-tubi. City akhirnya mencuri angka melalui gol yang diciptakan Sterling pada menit ke-45+4. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0.

Pada babak kedua, City langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Arsenal. Percobaan dilakukan oleh Kevin de Bruyne dari sebelah kanan kotak 16. Namun, bola berhasil diblokir.

Pada menit ke-49, David Luiz dihukum kartu merah karena melakukan pelanggaran di area penalti. City kemudian mendapat hadiah penalti melalui keputusan VAR. Kevin de Bruyne yang bertindak sebagai eksekutor tendangan dari titik putih berhasil menyelesaikan tugasnya. City pun memimpin dengan skor 2-0.

Dengan berkurangnya satu pemain di lapangan, pelatih Arsenal Mikel Arteta tampak mengubah strategi permainan dengan mengganti beberapa pemain. Alexandre Lacazette masuk menggantikan Eddie Nketiah, Ainsley Maitland-Niles masuk menggantikan Matteo Guendouzi, dan Reiss Nelson masuk menggantikan Joseph Willock. Mereka diganti dalam waktu bersamaan.

Meski sudah memimpin, City masih terus memberikan ancaman maksimal ke lini pertahanan Arsenal. Pada menit ke-69 De Bruyne kembali melakukan percobaan dari sebelah kanan kotak 16. Namun, bola yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang itu berhasil diamankan oleh kiper.

Selanjutnya, Ilkay Gundogan mendapat hadiah tendangan bebas dari separuh lapangan pertahanan lawan. Namun, tendangan langsung ke gawang masih bisa diselamatkan.

Pada menit ke-89 Eric Garcia harus keluar lapangan karena cedera parah. Namun, City sudah menghabiskan jatah pergantian pemain. Kendati demikian, City berhasil menambah gol kemenangan pada menit ke-91 melalui tembakan kaki kiri Phil Foden dari bagian tengah kotak 16. Skor berubah menjadi 3-0 untuk City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement