Rabu 17 Jun 2020 19:56 WIB

10 Fakta Menarik Bayern Murnchen Jadi Juara Bundesliga

Bayern Muenchen mengunci gelar juara Bundesliga delapan kali beruntun.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
jawara liga champions 2012/2013. bayern munchen.
Foto: reuters/darren staples.
jawara liga champions 2012/2013. bayern munchen.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bayern Muenchen mengunci gelar juara Bundesliga delapan kali beruntun. Gelar tersebut pun menghasilkan beberapa fakta menarik untuk disimak, dikutip dari laman resmi klub, Rabu (17/6).

1. Laju Unik

Selain memenangkan delapan gelar secara beruntun, tidak ada klub yang pernah menjuarai kompetisi lebih dari tiga kali secara beruntun. Muenchen memenangkan 29 gelar dari 57 musim sejak liga dimulai pada 1963. Artinya, Muenchen kini sudah mengantongi setengah gelar dari jumlah yang ada.

2. Sembilan gelar untuk Mueller dan Alaba

Ada dua pemain yang mengoleksi gelar paling banyak bersama Muenchen, yaitu Thomas Mueller dan David Alaba. Keduanya sudah sembilan kali mengangkat trofi Bundesliga, menyamai catatan Franck Ribery, yang terakhir kali memegang trofi musim lalu, sebelum hengkang dari klub.

3. Lima pemegang rekor di skuat

Alaba, Mullerz Manuel Neuer, Javi Martinez dan Jerome Boateng, lima pemain yang merayakan delapan gelar beruntun bersama klub.

4. Klub elite Eropa

Muenchen berada di jajaran puncak klub-klub di liga Eropa. Hanya juventus yang bisa menyamai rekor tersebut saat ini dari lima liga besar. Namun Juve kini sedang mengincar gelar ke-9 mereka secara beruntun.

5. Flick ikuti jejak Beckeenbauer

Hansi Flick jadi pelatih ketiga dalam sejarah Bundesliga, setelag Franz Beckenbauer pada 1993/94 dan Jupp Heynckes pada 2017/18, yang melatih klub di tengah musim dan menjuarai liga.

6. Total lima gelar

Flick jadi pelatih ke-27 yang mengangkat gelar sebanyak lima kali, namun empat di antaranya sebagai pemain Muenchen.

7. Gelar pertama untuk 10 pemain

Bagi 10 pemain di skuat Muenchen, gelar ini merupakan yang pertama kalinya. Mereka adalah Lucas Hernandez, Benjamin Pavard, Alvaro Odriozola, Michael Cuisance, Philippe Coutinho, Sarpreet Singh, Fiete Arp, Oliver Batista-Meier, Leon Dajaku dan Joshua Zirkzee.

8. Kingsley Coman rasakan juara setiap musim

Kingsley Coman mungkin baru berusia 24 tahun. Namun ini merupakan gelar liga ke-8 baginya. Artinya, ia sudah merasakan aroma juara liga dalam setiap karier seniornya. Ia memenangkan liga bersama Paris Saint-Germain pada 2013 dan 2014, Juventus 2015, dan sejak 2016 bersama Muenchen.

9. Neuer sejajar dengan Khan

Delapan gelar dalam kariernya membuat Manuel Neuer sejajar dengan Olvier Khan. Tidak ada kiper yang merasakan juara lebih banyak dari dua sosok itu.

10. Sarprert Singh

Singh jadi pemain kedua New Zealand yang memenangkan gelar Bundesliga, mengikuti jejak Wynton Rufer untuk Werder Bremen pada 1992/93.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement