Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Umar bin Khattab Tahu Tempat Abu Sufyan Menyembunyikan Uang

Rabu 17 Jun 2020 17:51 WIB

Red: Muhammad Hafil

Umar bin Khattab Tahu Tempat Abu Sufyan Menyembunyikan Uang. Foto: Umar bin Khattab

Umar bin Khattab Tahu Tempat Abu Sufyan Menyembunyikan Uang. Foto: Umar bin Khattab

Foto: Al Arabiya
Abu Sufyan mengaku kepada Umar bin Khattab tak mendapatkan uang pajak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernah terjadi kasus Abu Sufyan menyembunyikan harta dari hadapan Umar bin Khattab. Waktu itu, Abu Sufyan pergi mengunjungi Muawiyah di negeri Syam.

Setelah pulang dari sana, dia langsung menghadap Umar bin Khattab di Madinah. Umar berbicara kepadanya, "Serahkan jizyah (pajak) kepada kami, wahai Abu Sufyan!"

Baca Juga

Abu Sufyan menjawab, "Sayang sekali, kami tidak seberuntung yang engkau bayangkan. Jadi saya tidak bisa memberikan pajak," kata Abu Sufyan.

Namun, Umar mengetahui uang pajak itu disembunyikan. Umar kemudian menarik cincinnya dan mengutus seseorang membawa ke Hindun, istri Abu Sufyan. Kepada utusan itu, dia berkata, "Katakan kepada Hindun, bahwa Abu Sufyan berkata, "Coba periksa dua peti yang engkau terima dan kirimkan ke tempat Umar!"

Setelah dua peti itu sampai, ternyata isinya ada 10 ribu dirham. Setelah kasus itu selesai, Umar menyita harta itu dan dimasukkan ke Baitul Mal.

Pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan, dua peti harta itu kembali diserahkan ke tangan Abu Sufyan. Dia berkata, "Sungguh saya tidak mau mengambil harta yang dicela oleh Umar."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA