Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Harus Ada Pendampingan Guru Terkait Pembelajaran Jarak Jauh

Rabu 17 Jun 2020 16:02 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah  / Red: Ratna Puspita

Wasekjen FSGI - Satriwan Salim

Wasekjen FSGI - Satriwan Salim

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pendampingan atau pelatihan untuk guru agar pembelajaran jarak jauh berkualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wasekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim mengatakan terkait dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam jaringan (daring), guru harus dilakukan pendampingan. Hal ini penting untuk memasuki tahun ajaran baru pertengahan Juli 2020 mendatang. 

"Untuk PJJ daring, harus ada pendampingan, pelatihan untuk guru-guru agar PJJ berkualitas. Misal, dalam penggunaan aplikasi media pembelajaran, dan seterusnya," kata Satriwan, Rabu (17/6). 

Baca Juga

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad menjelaskan, pihaknya sudah melakukan evaluasi PJJ. Ia menjelaskan, di dalam PJJ terdapat dua cara yaitu luring dan daring.

photo
PLT Direktur Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan Hamid Muhammad - (Republika/Iman Firmansyah)
Di dalam evaluasi yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, memang hambatan yang banyak ditemukan adalah masalah akses khususnya dalam PJJ daring. Selain itu, ada juga guru yang walaupun memiliki akses namun tidak terbiasa menggunakan teknologi informasi dalam mengajar. 

"Ini kemungkinan yang akan ditindaklanjuti dengan berbagai pelatihan," kata Hamid menjelaskan.

Hamid juga mengatakan saat ini ditjen PAUD Dikdasmen bersama dinas pendidikan dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyiapkan apa yang harus dilakukan dalam satu semester ke depan terkait PJJ. Koordinasi ini dinilai penting karena pemerintah ingin satuan pendidikan melakukan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA