Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Rencana Bangun Masjid Pertama di Waukee, AS Disetujui

Rabu 17 Jun 2020 13:40 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Rencana Bangun Masjid Pertama di Waukee, AS Disetujui

Rencana Bangun Masjid Pertama di Waukee, AS Disetujui

Foto: Foxnews
Pembangunan masjid untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah Muslim di Waukee, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WAUKEE -- Dewan Kota Waukee menyetujui rencana pembangunan Pusat Islam Waukee di Dallas County, Iowa, Amerika Serikat (AS), Senin (15/6). Dilansir di Des Moines Register, Rabu (17/6), Pusat Islam tersebut akan menjadi pusat ibadah pertama yang berdiri sendiri bagi umat Islam di kota Waukee.

Saat ini, Muslim di kota itu memiliki ruang ibadah di Masjid Sahabah, masjid Waukee yang telah beroperasi sejak 2013 di sebuah ruang kantor sewaan. Namun, menurut informasi tentang proyek tersebut di situs masjid, ruang ibadah di masjid Waukee terlalu kecil untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah Muslim di kota itu.

Baca Juga

Karena itulah, Masjid Sahabah berencana membangun lokasi baru di pinggiran kota Des Moines yang tengah berkembang pesat. Perkiraan populasi baru-baru ini menunjukkan, kota Waukee yang berpenduduk sekitar 25 ribu jiwa ini tumbuh hampir 75 persen antara 2010 dan 2019.

Central IOWA sendiri merupakan rumah bagi beberapa pusat Islam lainnya. Tercatat ada lima pusat Islam di Des Moines, satu di West Des Moines, satu di Granger dan satu di Ames. Dalam rencana pembangunan masjid Waukee itu, situs Masjid Sahabah juga menyertakan tautan untuk penggalangan dana online untuk proyek tersebut. Penggalangan dana itu telah meraih lebih dari 16 ribu dolar, Selasa (16/6) sore.

Sementara itu, rencana dari lokasi yang disetujui pembangunan masjid itu merincikan bangunan lima lantai seluas 5.500 kaki persegi yang direncanakan di 35 Laurel St. Area tersebut berlokasi di dekat persimpangan West Hickman Road dan South Warrior Lane. Area itu sebagian besar komersial, namun rencana lokasi masjid terletak di utara zona perumahan. Sedangkan pembangunan masjid tersebut dijadwalkan akan dimulai pada Agustus 2020 dan diharapkan rampung pada Mei 2021.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA